Susy Air Gantikan Dimonim Layani Bandara Pantar

- 2 Januari 2023, 10:32 WIB
Foto dokumentasi penerbangan perdana pesawat Dinonim ke Bandara Pantar
Foto dokumentasi penerbangan perdana pesawat Dinonim ke Bandara Pantar /

Susy Air Gantikan Dinonim Layani Bandara Pantar

MEDIA KUPANG- Maskapai penerbangan Susy Air resmi menggantikan Maskapai Dimonim untuk melayani rute penerbangan dari Bandar Udara ( Bandara) Internasional El Tari Kupang ke Bandara Pantar di Kabir, Pulau Pantar, Kabupaten Alor mulai bulan Januari 2023.

Pergantian maskapai ini setelah Perusahaan yang mengoperasikan pesawat Susy Air tersebut menang dalam proses pelelangan jasa penerbangan bersubsidi untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2023.

Kepala Bandara Pantar, Menirius Tuaty yang dikonfirmasi MEDIA KUPANG pada Jumat 30 Desember 2022 di Kalabahi berkaitan dengan tidak beroperasinya pesawat ke Bandara Pantar sekitar dua bulan terakhir tahun 2022 menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti akan pelayanan penerbangan dua bulan terakhir yang dimaksud. Untuk itu pihaknya mohon maaf kepada masyarakat atas pelayanan yang tidak maksimal tersebut.

Kendati demikian, tandas Menirius, yang pasti untuk tahun 2023 berdasarkan surat yang diterimanya untuk pelayanan penerbangan ke Bandara Pantar dari Kupang akan dilayani maskapai Susy Air menggantikan Dimonim.

Untuk itu, jelas Menirius, pihaknya tengah menunggu jadwal penerbangan untuk Susy Air, demikian pula frekwensi penerbangannya ke Bandara Pantar. Jika informasi ini telah ada, baru pihaknya menyampaikan kepada masyarakat.

"Kalau Dimonim tahun lalu, awalnya dua kali penerbangan setiap Minggu, kemudian satu kali penerbangan. Untuk Susy Air kita belum mendapatkan informasinya berapa kali, dan penerbangannya terjadi di hari apa," tandas Menirius.

Menyinggung mengenai tarif tiket, Menirius mengatakan, penerbangan ke Pantar ini karena bersifat subsidi Pemerintah sehingga tiketnya masih seperti sebelumnya, yakni Rp300 ribu lebih dari Kupang ke Pantar, demikian pula sebaliknya.

"Tahun kemarin antusias penumpang untuk menggunakan jasa penerbangan di Bandara Pantar mulai tinggi. Apalagi untuk saat ini kondisi infrastruktur jalan dari Pantar Barat ke Kabir sudah mulus, dan tahun ini informasi yang ada jalan di Kabir dan wilayah lainnya di Pantar dibangun atau diperbaiki, maka Saya yakin animo masyarakat untuk menggunakan pesawat dari Pantar ke Kupang akan tinggi sekali," tambah Menirius.

Untuk diketahui, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bandar udara (Bandara) Pantar di Kabupaten Alor, Provinsi NTT bersama Bandara Tana Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis 18 Maret 2021. Bandara Pantar merupakan Bandara kedua di Kabupaten Alor, selain Bandara Mali yang selama ini beroperasi.

Kepala Kantor Bandara Pantar, Menirius Tuaty
Kepala Kantor Bandara Pantar, Menirius Tuaty

Halaman:

Editor: Okto Manehat


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x