Akan Ditahbis, Jaringan Aktivis Minta GMIT Coret Vikaris Pelaku Kekerasan Seksual di Alor dari Calon Pendeta

- 8 September 2022, 12:46 WIB
Jaringan aktivis, lembaga dan beberapa komunitas di NTT meminta GMIT mencoret Vikaris pelaku kekerasan seksual terhadap enam remaja perempuan di Alor, dicoret dari calon daftar Pendeta yang akan ditahbis.
Jaringan aktivis, lembaga dan beberapa komunitas di NTT meminta GMIT mencoret Vikaris pelaku kekerasan seksual terhadap enam remaja perempuan di Alor, dicoret dari calon daftar Pendeta yang akan ditahbis. /Pixabay/Free Photos

MEDIA KUPANG – Puluhan aktivis bersama beberapa lembaga dan komunitas di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengutuk keras tindakan kekerasan seksual yang dilakukan oleh seorang Vikaris (calon Pendeta).

Diketahui, oknum calon Pendeta berinisial SAS (35), diduga melakukan kekerasan seksual terhadap enam remaja perempuan di Kabupaten Alor, NTT. Vikaris tersebut, juga merupakan calon Pendeta Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT).

Atas tindakannya itu, puluhan aktivis, lembaga dan beberapa komunitas di NTT yang tergabung dalam Jaringan Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak mendesak GMIT untuk mengambil sikap yang lebih tegas.

Baca Juga: Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM, Aliansi BEM Nusantara NTT Nyatakan Kecewa Terhadap Gubernur

Pendeta Emmy Sahertien, salah satu anggota jaringan tersebut mengatakan, kekerasan seksual, bagian dari pelanggaran HAM berat yang menimbulkan kerugian dan akibat yang serius bagi para korban.

Kerugian tersebut, kata Pendeta Emmy, mempengaruhi fisik maupun psikis yang permanen dan berjangka panjang bagi korban kekerasan seksual.

“Kekerasan seksual berupa pemerkosaan, eksploitasi seksual, dan kontrol seksual yang dilakukan (oleh SAS) terhadap sejumlah remaja perempuan di Alor merupakan kejahatan luar biasa,” katanya melalui keterangan yang diterima MediaKupang.com pada Rabu, 7 September 2022.

Aktivis kemanusiaan tersebut, mengutuk keras aksi bejat yang dilakukan SAS, terduga pelaku kekerasan seksual terhadap enam remaja perempuan di Alor.

Baca Juga: Apple Resmi Luncurkan iPhone 14 Series, Berikut Spesifikasi dan Kisaran Harga Empat Produknya

Halaman:

Editor: Efriyanto Tanouf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x