Status Tersangka Pemuda Madiun Terkait Bjorka Tidak Sah? Timsus Polri Diminta Akui Kesalahan Tanpa Malu

- 17 September 2022, 19:52 WIB
Penetapan tersangka terhadap pemuda Madiun MAH terkait aksi Bjorka dinilai tidak sah oleh LBH Surabaya, Timsus Polri diminta akui kesalahan.
Penetapan tersangka terhadap pemuda Madiun MAH terkait aksi Bjorka dinilai tidak sah oleh LBH Surabaya, Timsus Polri diminta akui kesalahan. /Ilustrasi Hacker/Pixabay/tooakapic.

MEDIA KUPANG – Penangkapan dan penetapan tersangka terhadap MAH, seorang pemuda Madiun dinilai prematur oleh Lembaga Bantuan Hukum Buruh dan Rakyat Jawa Timur (LBH BR Jatim) bersama YLBHI LBH Surabaya.

Hal itu disampaikan Kadiv Advokasi dan Jaringan YLBHI LBH Surabaya, Habibus Shalihin. Ia mengatakan, penetapan tersangka terhadap MAH yang dikaitkan dengan Haker Bjorka, terkesan dipaksakan.

“Penetapan tersangka terhadap MAH…dihubungkan dengan aktivitas Bjorka yang melakukan peretasan dan dianggap ‘membantu’, menurut kami masih sangat prematur, dipaksakan dan tidak nyambung,” katanya, dilansir dari situs LBH Surabaya, Sabtu, 17 September 2022.

Baca Juga: Untuk Kemanusiaan, Presiden Jokowi Akan Terima Global Citizen Award Saat Hacker Bjorka Ungkap Kasus Munir

Ia menegaskan, seharusnya pihak kepolisian tidak gegabah dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka. “Jangan memberikan kesan bahwa penetapan tersangka tersebut hanya sekedar untuk menutupi penangkapan tidak sah.”

Lebih lanjut ia mnegatakan, pihaknya “memotret praktik penegakan hukum yang dilakukan oleh kepolisian justru seringkali tengah membangkang peraturan perundang-undangan.”

Habibus kembali menegaskan, “kalau memang tidak ditemukan indikasi perbuatan pidana, jangan memaksakan kasus menjadi seolah-olah ada masalah.”

Hal tersebut, katanya, justru semakin menimbulkan distrust kepada publik terhadap aparat penegak hukum dan pemerintah.

Baca Juga: Hacker Bjorka Orang Indonesia? Pengamat Linguistik Angelina Dea Kuliti Tata Bahasa Inggris yang Digunakan

Halaman:

Editor: Efriyanto Tanouf

Sumber: LBH Surabaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x