Menteri Paling Berpengaruh Pada Era Presiden Jokowi - Ma'ruf Amin

- 21 September 2022, 12:37 WIB
Foto Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua
Foto Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua /AS Rabasa /Antara

MEDIA KUPANG - Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin memiliki beberapa orang menteri yang luar biasa.

Para menteri tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar dan sensitif. Mereka menjadi populer di masyarakat dibandingkan menteri lainnya.

Survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bersama Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC) membagikan hasil deretan pejabat paling berpengaruh selama semester I Tahun 2022 Pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Negara Ini Sebagian Besar Warganya Berbahasa Jawa

Survei yang diadakan di 23 Provinsi di Indonesia sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022 ini dengan responden para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO, aktivis seniman.

Alhasil, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan disebut sebagai pejabat paling berpengaruh di masa Jokowi.

Budi Gunawan memimpin dengan perolehan suara 2,39 persen, sementara di tempat kedua yakni Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan skor 2,38 persen.

Direktur Eksekutif LPI Boni Hargens mengatakan, hal itu karena Budi Gunawan dianggap proaktif dalam berbagai kegiatan penanggulangan Covid-19.

Selain itu, Boni juga mengungkapkan, di bawah kepemimpianan Budi Gunawan, BIN juga aktif mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Halaman:

Editor: AS Rabasa


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x