3 Skenario KemenPAN - RB Atasi Masalah Tenaga Honorer, Salah Satunya Diangkat Langsung Jadi ASN

- 22 September 2022, 09:57 WIB
3 Skenario KemenPAN - RB Atasi Masalah Tenaga Honorer, Salah Satuhnya Langsung Diangkat Jadi ASN
3 Skenario KemenPAN - RB Atasi Masalah Tenaga Honorer, Salah Satuhnya Langsung Diangkat Jadi ASN /Dokumen Humas Pemkab Serang/

MEDIA KUPANG - Ada tiga skenario yang tengah dipersiapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengantisipasi munculnya masalah saat penghapusan tenaga honorer pada 2023.

Ketiga skenario ini terungkap dalam rapat koordinasi yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Se Indonesia (Apkasi) bersama Kemenpan RB, Kementerian Keuangan, Kemenristek Dikti, Kementerian Ketenagakerjaan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta, Rabu 21 September 2022.

Kemenpan RB Abdullah Azwar Anas  mengatakan pihaknya memiliki 3 skenario terkait nasib honorer dan PPPK.

Baca Juga: Jangan Mau Ditakut-takuti Polisi, Urus dulu Ferdy Sambo, Najwa Shihab Minta Maaf ke Polri?

Adapun jelas dia, skenario pertama adalah seluruh tenaga honorer diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Skenario kedua adalah tenaga honorer diberhentikan seluruhnya. Dan skenario ketiga adalah tenaga honorer diangkat menjadi ASN berdasarkan skala prioritas

Azwar mengatakan, jika memilih skenario pertama, seluruh tenaga honorer diangkat menjadi ASN, hal tersebut dikatakan akan berdampak semakin beratnya beban negara.

"Tapi ini akan menjadi beban yang berat bagi negara, dan kompetensi birokrasi kita juga tentu akan ada problem di beberapa titik, yang ketika rekrutmennya kualitasnya diperhatikan," ungkap dia.

lebih lanjut, jika merujuk pada skenario kedua, tenaga honorer diberhentikan seluruhnya. Dan skenario ketiga adalah tenaga honorer diangkat menjadi ASN berdasarkan skala prioritas.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x