Surat Terbuka dan Peneguhan dari Goenawan Mohamad kepada Bharada E

- 14 Februari 2023, 13:17 WIB
Bharada E (Foto: Antara)
Bharada E (Foto: Antara) /google/

MEDIA KUPANG -Nama Bharada E belakangan semakin disebut dan disanjung publik karena keberaniannya membongkar kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Atas keberanian dan kejujurannya, penulis, penyair dan pemerhati sosial hebat, Goenawan Mohamad pun menuliskan surat terbuka sebagai peneguhan kepada Bharada E. Berikut isi suratnya:

Untuk Richard Eliezer Pudihang Lumie (yang tak membaca tulisan ini)

Berdirilah tegak, Richard. Kau duduk di depan mahkamah, dan keluar dari sidang pengadilan, bukan lagi seorang polisi yang membunuh. Kehadiranmu sebuah metamorfosa. Kau sebuah ambiguitas.

Baca Juga: Hotman Paris : Hukuman Mati Ferdy Sambo Bisa Diringankan Melihat Pasal dalam KUHP yang Baru

Di depan para hakim, kau polisi dan kau juga pelanggar hukum; di ruang pengadilan itu, kau sebuah titik kumpul di mana berbaur, dan berbenturan, keadilan dan ketidak-adilan, hukum dan empati, sakit hati dan rasa belas.

Kau terdakwa yang membuat Yosua jadi korban, tapi juga kau seorang korban. Kau subyek — yang menembak Yosua, dan tanganmu berdarah — tapi juga obyek — yang, seperti boneka, digerakkan atasanmu. Kau pelengkap penderita sebuah kekuasaan, tapi kau pelengkap penyerta proses keadilan. Kau penolong agar setidaknya bapak-ibu Yosua, pacarnya, dan kami semua tak terhimpit sesak dan sedih sebagai korban kekuasaan.

Seseorang mengatakan, kau dibaptis dengan nama yang dipakai dalam sebelas cerita Alkitab: Eleizer, “Tuhan penolongku”, dipakai Musa untuk menamai anaknya yang kedua sebagai pengingat akan Tuhan yang menolongnya lari dari hukuman Firaun.

Baca Juga: Ferdy Sambo Dihukum Mati Pada Kasus Pembunuhan Brigadir J

Halaman:

Editor: AS Rabasa

Sumber: Goenawan Mohamad


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x