Pastor Tidak Sedang Baik-baik Saja, Sebuah Tulisan Lepas Untuk Diperhatikan

- 17 Februari 2023, 09:03 WIB
Ilustrasi Pastor Katolik
Ilustrasi Pastor Katolik /AS Rabasa

MEDIA KUPANG - Peristiwa pastor diduga gantung diri di Keuskupan Ruteng akan menimbulkan beragam pertanyaan. Satu pertanyaan pasti adalah "kok Pastor nisa bunuh diri ya?".

Pada umumnya orang selalu beranggapan bahwa pastor sebagai in persona Cristi, pastor pasti bisa mengatasi persoalan yang dihadapi.

Pastor tidak mungkin mengakhiri hidup dengan cara seperti itu. Anggapan ini tidak selamanya benar. Ingat! Seorang bidan tidak selamanya membidani dirinya waktu bersalin. Ia butuh sahabat bidan yang lain. Begitu juga dengan pastor, dia lihai dalam memberikan nasehat dan solusi bagi orang lain, tetapi belum tentu untuk dirinya sendiri.

Baca Juga: Kepala Dinas Perhubungan Akan Laporkan 'Anak Emas' Bupati Manggarai Timur ke Sekda

Pastor selalu dan selamanya menjadi pribadi paradoksal di dunia ini. Dia hidup, bergerak dan berkarya sesuai dengan perubahan zaman dan kompleksitas kehidupan yang ada. Satu hal yang tidak boleh terlepas dari diri Pastor adalah Komitmen atas pilihan hidup itu.

Komitmen itu dituangkan dalam tiga nasihat Injil, yakni ketaatan, kemiskinan dan kemurnian hidup. Apabila pastor berkarya sampai melupakan komitmen tadi, maka pastor itu tidak sedang dalam keadaan baik-baik saja.

Karena Pastor tidak sedang baik-baik saja, maka pastor membutuhkan rekan pastor yang lain sebagai peneguh kehidupannya. Pastor membutuhkan kehadiran sang pemimpin sebagai inspirator yang selalu menyapanya setiap saat. Pastor membutuhkan umat untuk memberikan apresiasi atas tugas perutusannya.

Baca Juga: Kepala Sekolah Akhiri Hidup Diduga dengan Cara Bunuh Diri dengan Seutas Tali Rafia

Kehadiran rekan kerja, pemimpin dan umat akan selalu membantu pastor tetap setia pada komitmen. Oleh karena itu, jangan jejali pastor dengan tanggungjawab melampaui batas kemampuannya. Usahakan jangan setiap waktu mengkritik, gosip dan menelanjangi kehidupan pastor. Jangan sering menyanyikan kidung duka buat pastor.

Halaman:

Editor: AS Rabasa

Sumber: Tulisan lepas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah