Langar Ijin Tinggal, WNA Asal Timor Leste Pemegang Paspor Portugal di Deportasi Imigrasi Atambua

- 21 Februari 2023, 16:45 WIB
Langar Ijin Tinggal, WNA Asal Timor Leste Pemegang Paspor Portugal di Deportasi Imigrasi Atambua
Langar Ijin Tinggal, WNA Asal Timor Leste Pemegang Paspor Portugal di Deportasi Imigrasi Atambua /Media Kupang/

MEDIA KUPANG - Kantor Imigrasi Kelas II Atambua mendeportasi Silverio Fatima Martins seorang warga negara asing ( WNA ) asal Timor Leste pemegang paspor Portugal, Selasa 21 Februari 2023.

"WNA tersebut dideportasi karena terbukti melanggar Pasal 78 Ayat 2 Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian,"
demikian disampaikan kepala Kanim Atambua K.A Halim melalui rilis yang diterima Media Kupang.

Halim mengatakan, pendeportasian dilakukan oleh tim inteldakim Kanim Kelas II TPI Atambua dengan surat perintah nomor W.22.IMI.IMI.5.GR.03.08-406 tertanggal 21 Februari 2023.

Sebelumya, jelas Halim, yang bersangkutan diamankan saat akan melintas ke Timor Leste melalui PLBN Motamasin pada 13 Februari 2023 lalu oleh petugas Imigrasi.

Dijelaskan Halim, WNA tersebut
masuk ke wilayah Indonesia dengan tujuan menghadiri acara duka di Kabupaten Malaka. Calon istrinya merupakan WNI yang berdomisili di daerah Malaka.

Setelah melayat dan memakamkan kakak dari calon istrinya, kemudian WNA bersangkutan memutuskan untuk tinggal besama calon istri dan anak-anak di Perumahan Translok Metamauk.

Pada tanggal 13 Februari 2023, memutuskan untuk kembali ke Timor Leste. Yang bersangkutan keluar dari wilayah Indonesia melalui TPI PLBN Motamasin.

"Setibanya di PLBN Motamasin, pada saat petugas imigrasi memeriksa paspor, petugas memberitahukan kepada saya bahwa izin tinggal WNA tersebut sudah melewati tanggal yang diberikan atau sudah overstay." jelas Halim.

Oleh karena itu, WNA tersebut kemudian diamankan, diperiksa dan diproses lebih lanjut oleh Intedakim Kanim Atambua sebelum akhirnya dideportasi kembali ke Timor Leste pada Selasa 21 Februari 2023.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x