Mengenal 68 Bahasa Daerah di Nusa Tenggara Timur

- 7 Juni 2023, 19:33 WIB
Peta NTT
Peta NTT /Peta HDN/


MEDIA KUPANG - Seperti kita ketahui, bahasa adalah alat utama manusia untuk berkomunikasi. Dengan adanya bahasa, segala pembahasan akan berlangsung dengan lancar.

Negara Indonesia sendiri sesuai dengan amanat undang - undang bahasa resminya adalah bahasa Indonesia.

Meski begitu, selain bahasa Indonesia, di beberapa wilayah juga masyarakat sering berinteraksi menggunakan bahasa daerah atau biasa disebut bahasa ibu.

Di Indonesia, secara keselurahan terdapat 718, dimana, sebanyak 90 persen tersebar di wilayah Indonesia timur.

Khusus di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) tercatat ada 68 bahasa yang tersebar di beberapa kabupaten di NTT, seperti bahasa Dawan, bahasa Manggarai, bahasa Kambera, bahasa Rote, dan bahasa Abui.

Selain beberapa bahasa tersebut, berikut daftar lengkap 68 bahasa daerah di NTT sebagaimana Media Kupang kutip melalui akurat.co.id yang menyadur dari
laman petabahasa.kemdikbud.go.id.

Bahasa Abui: Bahasa Abui (Aboa) dituturkan di Desa Dede Kadu, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi NTT. Menurut pengakuan penduduk, masyarakat di sebelah timur dan selatan Desa Dede Kadu merupakan penutur bahasa Kolon.

Bahasa Adang: Bahasa Adang dituturkan di Desa Lenang, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi NTT. Menurut pengakuan penduduk, bahasa Adang dituturkan juga oleh masyarakat di sebelah timur, barat, dan selatan Desa Lenang.

Berdasarkan penghitungan dialektometri, isolek Adang merupakan sebuah bahasa dengan persentase perbedaan berkisar 98%—100% jika dibandingkan dengan bahasa di sekitarnya, misalnya bahasa Abui, Adang, Anakalang, dan Gaura.

Bahasa Alor: Bahasa Alor dituturkan di Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor, Provinsi NTT. Bahasa Alor terdiri atas tiga dialek, yaitu  dialek Nlauta yang dituturkan di Desa Mauta, Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor;  dialek Tubbe yang dituturkan di Desa Tude, Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor; dan dialek Lamma yang dituturkan di Desa Kalondama, Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x