Lahan Tidur di Batas Negara, Alor 'Disulap' TNI Menjadi Lumbung Pangan

- 10 Januari 2021, 12:12 WIB
Anggota Kodim 1622 Alor Mengolah Lahan Tidur Menjadi Kebun Sayur /

MEDIA KUPANG - Sebut kata Tentara, maka dalam benak orang bahwa tugasnya adalah mengamankan negara atas ancaman terhadap kedaulatan bangsa, sehingga seorang Tentara lebih berhubungan dengan senjata. Pikiran ini memang tidak salah, karena memang tugas pokok dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) demikian.

Namun dibalik dari itu kalau mencermati dari arti yang lebih luas maka ada tugas tambahan TNI terhadap berbagai dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara ini, terutama kemanunggalan TNI bersama masyarakat, dengan slogan "Masyarakat Kuat, TNI Kuat, Negara Aman".

Untuk menjadikan masyarakat yang kuat, TNI melaksanakan sejumlah terobosan programnya di tempat seorang anggota prajurit bertugas.

Sudah tidak asing lagi kalau kita mendengar kegiatan TMD (Tentara Masuk Desa). TNI bersama masyarakat membuka jalan baru berkilo-kilo meter untuk masyarakat guna membangun akses infrastruktur dasar untuk membuka keterisolasian wilayah.

Program lainnya yang kita dengar, ada prajurit yang menjadi guru di sekolah tempat ia bertugas terutama di sekolah-sekolah yang kekurangan guru di wilayah pedalaman, ada juga TNI bedah rumah bagi masyarakat yang kurang mampu, dan program karitatif lainnya yang membantu masyarakat.

Salah satu bukti nyata dari gambaran umum bhakti sosial TNI kepada masyarakat tersebut dapat ditemukan di Kabupaten Alor, Provinsi NTT yang berada di wilayah batas negara RI-RDTL (Republik Demokrat Timor Leste).

TNI di Alor dibawah Pimpinan Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1622 Alor, Letkol. Supyan Munawar, S.Ag melakukan berbagai terobosan kegiatan dalam mendukung program pemerintah daerah dan nasional.

Selain TMD yang merupakan agenda tetap, sejumlah kegiatan positif yang mendapat apresiasi masyarakat digelarnya, mulai dari bedah rumah tidak layak huni, anggotanya terlibat bersama masyarakat untuk berbagai kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan, dan kepedulian TNI dalam mendukung ketahanan pangan masyarakat yang saat ini tengah gencar dilaksanakan.

Untuk program ketahanan pangan ini, bukan hanya sekedar ceritera atau diatas kertas saja, namun sebagian orang di Bumi Nusa Kenari (Julukan bagi Kabupaten Alor) telah merasakan "jerih-lelah atau keringat" dari para prajurit bangsa yang dibertugas di batas negeri ini.

Halaman:

Editor: Okto Manehat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X