PAD di Kabupaten Belu Hingga Saat Ini Rp15 M, Kadis Bapenda : Belum Mencapai Target

- 30 November 2022, 08:17 WIB
Kadis Bapenda Belu Marsianus Loe Mau SH
Kadis Bapenda Belu Marsianus Loe Mau SH /Media Kupang Marselino Kardoso/

 


MEDIA KUPANG - Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Belu tahun 2022 ini belum mencapai target. Hingga akhir November ini PAD Belu baru mencapai 15 miliar dari target sebelumnya 30 Miliar.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Belu Marsianus Loe Mau, SH kepada wartawan saat ditemui di ruangannya Selasa 29 November 2022.

Ia mengatakan, sebelumnya target PAD Kabupaten Belu adalah 30 miliar, namun dengan beberapa kondisi yang terjadi target tersebut hingga November ini belum tercapai.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Rabu 30 November 2022, Tinggalkan Jala dan Ikutlah Aku

Kondisi tersebut jelas mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan ini, diakibatkan oleh beberapa faktor termasuk adanya penutupan perbatasan RI - RDTL oleh pemerintah pada saat covid kemarin.

" Contoh hotel, hanya 12 unit, dua tahun ini merosot karena covid. Kurang kunjungan karena dengan adanya penutupan perbatasan juga," ujar Marsi.

Selain itu, menurut dia, pendapatan pajak dari air tanah saat ini juga menurun dengan lancarnya air PDAM. Di Kabupaten Belu jelas Kadis Bapenda terdapat 22 sumur yang bersifat komersil.

" Dengan lancarnya air PDAM maka kita juga berkurang pendapatan pajak dari sumur - sumur komersil tersebut. Sebelumnya kita menarik 20 persen dari nilai produksi. Itu setiap kali pengisian air," ujarnya.

Baca Juga: Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara Kabupaten Belu, ULTAH ke 4 dan Pelantikan Pengurus Periode 2022-2028

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x