11 Tempat Terkenal di Asia dari Candi Borobudur hingga Tembok Besar China

- 22 November 2022, 10:20 WIB
11 Tempat Terkenal di Asia dari Candi Borobudur hingga Tembok Besar China
11 Tempat Terkenal di Asia dari Candi Borobudur hingga Tembok Besar China /Pixabay/

MEDIA KUPANG - Asia merupakan benua terbesar di dunia. Letaknya di antara Samudra Arktik, Pasifik, dan Hindia. Wilayahnya berupa daratan es, hutan-hutan, padang rumput (stepa), gurun, pegunungan, sungai, lahan pertanian, dan lautan.

Wilayah di kawasan tenggara Asia juga menjadi bagian dari Asia. Ragam budaya di Benua Asia meliputi berbagai suku bangsa, bahasa, dan cara hidup. Asia memiliki banyak kota kuno. Berbagai peninggalan sejarah dapat ditemukan di benua ini.

Berikut ini beberapa Tempat Terkenal di Asia Sebagaiman dikutip dari berbagai sumber.

1. Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal Candi Borobudur? Candi yang besar dan megah ini merupakan salah satu aset budaya negara kita. Letaknya di wilayah Magelang, Jawa Tengah. Jutaan orang yang mengunjunginya merasakan kekaguman atas candi ini. Bahkan, candi ini termasuk dalam World Wonder Heritages.

Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja dari Kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, Borobudur adalah tempat ibadah yang selesai dibangun pada tanggal 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak awal pembangunannya. Bangunannya dapat diselesaikan pada masa pemerintahan putrinya, Ratu Pramuwardhani.

Nama Borobudur berarti sebuah gunung yang berteras-teras (budhara). Candi ini berbentuk punden berundak, terdiri atas enam tingkat berbentuk bujur sangkar. Tiga tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa besar sebagai puncaknya. Di dinding candi terdapat relief yang menggambarkan berbagai macam cerita.

Akan tetapi, pertengahan abad IX kekuasaan Syailendra lenyap dan Kerajaan Mataram runtuh. Pusat kekuasaan dipindah ke Jawa Timur. Akhirnya, Borobudur mulai dilupakan orang sehingga bangunannya tertutup oleh pepohonan yang rimbun.

Pada awal abad XIX Borobudur ditemukan kembali oleh Raffles, seorang jenderal Inggris di Indonesia. Ia memerintahkan untuk melakukan penyelidikan dan perbaikan atas candi tersebut. Pada tahun 1983 pemerintah Indonesa melakukan pemugaran terhadap candi Bantuan mulai berdatangan melalui UN dan lembaga internasional.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x