Tanaman Jagung Milik Masyarakat Petleng-Alor Diserang Hama Ulat, Petani Minta Bantuan Obat Dari Pemerintah

- 26 Januari 2024, 07:33 WIB
Ketua Kelompok Tani, Mikhael Maata menunjukkan tanaman jagung yang terserang hama ulat
Ketua Kelompok Tani, Mikhael Maata menunjukkan tanaman jagung yang terserang hama ulat /

Tanaman Jagung Milik Masyarakat Petleng-Alor Diserang Hama Ulat, Petani Minta Bantuan Obat Dari Pemerintah

MEDIA KUPANG- Sebagian besar tanaman jagung di desa Petleng, Kecamatan Alor Tengah Utara (ATU), Kabupaten Alor diserang hama ulat.

Masyarakat mengalami kewalahan untuk mengatasi hama yang dimaksud, untuk itu diminta perhatian Pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Alor untuk memberikan bantuan obat hama guna mengatasinya.

Hal ini disampaikan Ketua Kelompok Tani Wiyrun di desa Petleng, Mikhael Maata kepada Wartawan di desa itu pada Kamis 25 Januari 2023.

Mikhael menjelaskan, hama ulat yang menyerang tanaman jagung tersebut sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Hama ini dalam operasinya makan dari bagian pucuk jagung, hingga merusakkan bunga jantan.

Akibatnya, jelas Mikhael, buah jagung tidak muncul, dan jika buah jagung ada yang muncul, itu pun kondisinya tidak sehat atau berpengaruh pada kualitas buah jagung.

"Hama jagung ini menyerang semua jenis jagung, baik jagung pulut maupun jagung manis. Hampir semua kebun jagung masyarakat di desa ini mengalami hal yang sama," kata Mikhael.

Menurut Mikhael, Pemerintah Desa telah melaporkan hal ini kepada Dinas Pertanian, dan petugas datang untuk melihat kondisi gangguan hama ini. Namun kemudian masyarakat kecewa, karena petugas hanya membawa satu botol obat hama dan menyampaikan kepada masyarakat dilakukan uji coba, baru masyarakat membeli obat hama tersebut untuk menyemprot tanaman jagungnya.

Permintaan petugas tersebut, jelas Mikhael, kami tidak menerimanya, karena kami berharap petugas datang membawa obatnya dan memberikan contoh pembasmian kepada masyarakat dan obatnya dibagikan kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan hama tersebut.

Terkait dengan hal ini, Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Alor Tengah Utara (ATU), Tarsisius Titik yang dikonfirmasi di kantornya membenarkan adanya hama ulat yang menyerang tanaman masyarakat.

Halaman:

Editor: Okto Manehat


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah