PKS Sebut Amerika Serikat Tak Dukung Adanya Perdamaian dengan Two State Solutions

- 20 April 2024, 20:11 WIB
Bendera Israel diapit oleh dua bendera Amerika Serikat.
Bendera Israel diapit oleh dua bendera Amerika Serikat. /Reuters/Amir Cohen/

MEDIA KUPANG - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini menilai sikap Amerika Serikat (AS) mengajukan veto dalam sidang PBB tidak mendukung terciptanya perdamaian dunia.

Hal tersebut dikarenakan veto yang diajukan AS membuat Palestina tidak bisa disahkan dalam keanggotaan PBB.

"Fraksi PKS, Indonesia, dan banyak negara sangat kecewa dengan sikap AS yang tidak menghendaki keanggotaan penuh Palestina di PBB," kata Jazuli dalam keterangan persnya pada Sabtu, 20 April 2024.

Baca Juga: Eks Ketua KPU: Dibanding Perang, Mungkin Pemilu Lebih Banyak Pengorganisasiannya

Menurut Jazuli, pengakuan Palestina dalam keanggotaan PBB bisa menjadi landasan untuk mewujudkan perdamaian antara Palestina dan Israel yang didukung oleh AS.

Veto AS ini, lanjut anggota Komisi I DPR RI, malah menjauhkan upaya untuk mewujudkan tata dunia baru yang adil, tenteram, aman, dan damai.

"Sikap AS sama sekali tidak mendukung perdamaian atas dasar two state solution yang selama ini dinarasikannya," kata dia.

Di satu sisi, dia pun mengapresiasi sikap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang tetap memberikan dukungan atas kemerdekaan Palestina.

Jazuli berharap pihak Indonesia dan negara anggota PBB yang lain mau terus berupaya dalam mengusulkan dan merekomendasikan proposal.

Dengan upaya lobi dan dan diplomasi yang konsisten, dia yakin konflik di Palestina bisa disudahi dan cita-cita perdamaian dunia pun bisa terwujud.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah