13.200 Vaksin Corona Tiba di Kupang , Ribuan Nakes di NTT Akan Segerah Divaksin

- 5 Januari 2021, 23:29 WIB
Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi /

MEDIAKUPANG.COM - Vaksin virus corona buatan perusahaan farmasi asal China Sinovac telah tiba Bandara Eltari, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Selasa 5 Desember 2020 pukul 06.00 Wita.

Vaksin sebanyak 13.200 ini diangkut menggunakan maskapai Batik Air  serta mendapat pengawalan ketat dari personel TNI Angkatan Udara Lanud El Tari Kupang.

Emma Simanjuntak, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur, mengatakan vaksin akan diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur.

“Pendataan sudah kita lakukan untuk siapa saja tenaga kesehatan yang harus mendapatkan vaksin. Nanti akan dilakukan sebanyak dua kali dosis. 13.200 vaksin kita bagi dua untuk 6.600-an tenaga kesehatan yang nanti mendapat vaksinasi pada kesempatan pertama,”kata Emma.

"Sekarang hanya menunggu instruksi untuk di distribusikan ke seluruh Kabupaten/Kota" ujarnya.

Vaksin tersebut jelas Emma, akan didistribusikan kepada 378 puskesmas, 10 rumah sakit pemerintah, dua rumah sakit swasta dan sisanya akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang berada di klinik-klinik swasta yang telah diverifikasi untuk mendapat vaksinasi pada kesempatan pertama.

Selain itu, seluruh vaksin ini juga Sebut Emma, untuk sementara akan disimpan di gudang farmasi dinas kesehatan provinsi yang terletak di Pulau Indah,Kecamatan Kelapa Lima.

Seluruh vaksin yang diterima hari ini, lanjut Emma, akan disimpan dengan suhu dua sampai delapan derajat celcius di instalasi farmasi.

Terkait suhu penyimpanan, Emma menuturkan bahwa vaksin sinovac ini disimpan di dua hingga delapan derajat dan di bawah nol derajat Celcius serta tetap mengikuti protokol Standar Operasional Prosedur seperti yang biasa dijalankan di penyimpanan.

“Kita akan berlakukan vaksin covid-19 Sinovac seperti vaksin lain pada umumnya, ada yang di dua sampai delapan, ada yang di bawah nol derajat celcius dan perlakuan seperti SOP yang kita jalankan seperti biasanya di penyimpanan,”tandasnya.***


Editor: Marselino Kardoso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x