Simak, 3 Destinasi Wisata yang Kisahnya Melegenda

- 18 April 2021, 09:31 WIB
Foto Illustrasi Komodo
Foto Illustrasi Komodo /Instagram @ Kemenparekraf/

MEDIA KUPANG – Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya dan destinasi wisata yang melegenda. Berkunjung ke destinasi dan keindahan alam yang ada Indonesia adalah salah satu cara untuk melestarikan produk budaya lisan Indonesia.

Indonesia juga memiliki beragam karifan lokal mulai dari sejarah, alam, dan budaya yang menarik sehingga bisa menjadi nilai tambah wisatawan yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Salah satu di antaranya adalah legenda dan cerita rakyat yang diceritakan secara turun-temurun. Konon, beberapa destinasi wisata di Indonesia terbentuk akibat legenda kisah masa lampau.

Baca Juga: Viral, Seorang Perawat Dianiaya Orang Tua Pasien dalam Ruang Rawat

Kehadiranya bukan hanya asal-asul maupun mitos semata namun lebih dari itu, merupakan sebuah produk budaya lisan Indonesia.

Hingga di beberapa wilayah destinasi di Indonesia mempunyai legenda hingga mitos tersebut bahkan menjadi pendongkrak kepopuler kawasan wisata setempat.

Dilansir media kupang dari instagram @kemenparekraf Sabtu 17 April 2021, berikut tiga destinasi wisata yang Indonesia yang terkenal

1. Danau Toba (Sumatra Utara)
Legenda: Cerita seorang petani bernama Toba menikah dengan ikan mas yang menyerupai manusia. Danau Toba saat ini masuk dalam dari 5 destinasi super prioritas. Destinasi ini merupakan salah satu danau kaldera terbesar di dunia dan juga ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada tahun 2020.

2. Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur)
Legenda: lahir dari cerita seorang anak kembar yang terasingkan karena lahir dengan bentuk menyerupai kadal (Ora) dan hendak dibunuh oleh saudar kembarnya sendiri. Pulau Komodo telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak 1991 dan masuk dalam satu dari 7 keajaiban dunia. sejak legenda tersebut, manusia dan komodo hidup berdampingan layaknya saudara.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: Instagram Kemenparekraf RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x