Pante Deere-Alor, Sumber Benih Rumput Laut

- 14 Juli 2021, 07:03 WIB
Kepala Desa Pante Deere, Nixonths Asamau
Kepala Desa Pante Deere, Nixonths Asamau /

 

Pante Deere-Alor, Sumber Benih Rumput Laut

MEDIA KUPANG- Desa Pante Deere, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Provinsi NTT memiliki potensi budidaya rumput laut yang besar.

Potensi rumput laut di desa itu telah menjadi sumber benih budidaya tanaman ini di Kabupaten Alor.

Kepala Desa Pante Deere, Nixonths Asamau kepada Media Kupang di desa itu, Selasa 13 Juli 2021 mengatakan, usaha budidaya rumput laut oleh petani di desa itu telah dimulai sejak tahun 2006.

Usaha tersebut, ungkap Nixonths, berlangsung hingga saat ini, dan yang tetap menekuni usaha rumput laut tersebut ada sebanyak 4 kelompok di desa Pante Deere. Setiap kelompok memiliki 5 orang anggota.

Menurut Nixonths, masa awal masyarakat budidaya rumput laut, hasil yang dipanen dijual kering dengan produksi yang cukup banyak. Namun dalam perjalanannya waktu, karena rumput laut Pante Deere dinilai sebagai sumber benih atau bibit yang baik, sehingga akhirnya menjadi sumber benih di Kabupaten Alor.

Bibit rumput laut di desanya itu, sebut Nixonths, adalah rumput laut yang berwarna hijau atau jenis catoni. Pengembangan bibit ini mendapat dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT dengan memberikan bantuan bibit lagi.

Selain DKP Provinsi, juga ada perhatian dari PT. PLN Kalabahi yang membangun kerjasama dengan DKP Kabupaten yang memberikan bantuan perahu fiber.

"Untuk saat ini empat kelompok tersebut mengembangkan budidaya benih tersebut di lokasi kolam gurita. Di lokasi ini aman dari hama rumput laut," ujar Nixonths.

Halaman:

Editor: Okto Manehat


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x