Simak, 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dihidupkan

- 20 September 2021, 08:59 WIB
Ilustrasi AC Mobil
Ilustrasi AC Mobil /Pixabay /

MEDIA KUPANG - Berkendara dengan kendaraan yang nyaman sudah tentu menjadi keinginan setiap pengemudi.Namun bagaimana bila saat akan berkendara selalu mengalami masalah terjadi getaran pada mesin saat akan menghidupkan AC.

Tentuhnya hal tersebut kerap tidak terlalu dihiraukan para pemilik kendaraan. Bahkan pada beberapa kejadian, hal tersebut dianggap lumrah terjadi.

Namun perlu diketahui apabilah hal tersebut terus - menerus terjadi maka pemilik kendaraan patut untuk tahu beberapa masalah yang mungkin saja sebagai pemicu masalah pada mobil anda.

Nah untuk mengetahui penyebabnya kira - kira apa pemicunya.

Seperti dikutip dari Auto2000,melalui antara Senin, 20 September 2021, untuk mengetahui itu semua, ada baiknya pemilik kendaraan mengetahui tiga hal penting dari masalah ini. Berikut:

1. Masalah Sistem Idle Up

Gejala mesin mobil yang tiba-tiba bergetar ketika AC hidup menjadi pertanda bahwa ada faktor penyebab kerusakan dalam sistem idle up. Hal ini terjadi biasanya saat RPM terlalu rendah. Namun saat AC dimatikan, mesin tidak lagi bergetar. Tentu saja masalah ini harus segera diatasi.

Perihal masalah sistem idle up AC, mesin mobil yang bergetar saat AC dinyalakan ternyata tidak membuat kabin mobil menjadi dingin. Beban mesin yang bertambah saat RPM rendah membuat kinerjanya menjadi bertambah berat. Akhirnya inilah yang membuat kerja kompresor AC juga kurang maksimal. Selain itu, hal ini bisa saja menyebabkan kompresor AC hidup sebentar lalu mati.

Masalah sistem idle up sebenarnya bisa diatasi dengan cepat kalau Anda mematikan AC mobil. Namun kabin mobil sudah pasti menjadi panas. Untuk itu, segera cek sistem sensor dan aktuator. Kalau memang kinerja sudah buruk, sebaiknya segera ganti. Sudah pasti hasilnya mesin mobil Anda tidak akan bergetar lagi saat AC dinyalakan.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: Antara


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x