Indonesia Bangsa Yang Terbangun dari Beragam Budaya dan Tradisi

- 19 Oktober 2021, 14:22 WIB
Antara
Antara /

MEDIA KUPANG - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengatakan, Indonesia adalah bangsa besar yang terbangun dari beragam budaya, tradisi, serta adat istiadat.

Masyarakat adat adalah penopang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga Pemerintah harus duduk bersama untuk membuat regulasi melestarikan adat istiadat yang ada di masyarakat.

"Kita tahu masyarakat adat adalah penopang NKRI. Nilai-nilainya, norma-norma, termasuk adat Sunda ini perlu kita bina dan lestarikan bersama-sama," kata Jazilul Fawaid atau Gus Jazil dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakan Jazilul saat menerima masyarakat adat Sunda yang berasal dari Kabuyutan Deyeuh Luhur, Gegerkalong, Bandung, Kabuyutan Pakarang Adat, dan guru besar jawara pencak Gegerkalong, di Kompleks Parlemen, Senin (18/10).

Gus Jazil meminta Pemerintah mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota agar bisa duduk bersama, saling berkomunikasi dengan baik.

Dia juga menyarankan agar masyarakat adat Sunda mendaftarkan perkumpulan atau organisasinya ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), sehingga keberadaannya memiliki legalitas di mata hukum dan negara.

"Negara pasti akan melindungi masyarakat yang berserikat. Negara tidak akan menghalangi orang untuk berserikat, termasuk bagi masyarakat adat," ujarnya.

Dia menilai terkadang ada mispersepsi antara aparat pemerintahan dengan masyarakat adat atau masyarakat adat yang belum dilibatkan dalam berbagai kegiatan.

Selain itu, menurut dia, terkadang kalau tidak ada penyambungnya, masyarakat adat justru dianggap pengganggu dan itu yang dirasakan Kabuyutan Sunda.

Halaman:

Editor: Okto Manehat

Sumber: Antara


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x