Ratusan Warga Mengamuk di Hadapan Eurico Guterres Saat Pembagian Piagam Penghargaan, Ada Apa?

- 14 Desember 2021, 06:56 WIB
Suasana pembagian piagam penghargaan pejuang Eks Timor-Timur di Kabupaten Malaka, Senin, 13 Desember 2021
Suasana pembagian piagam penghargaan pejuang Eks Timor-Timur di Kabupaten Malaka, Senin, 13 Desember 2021 /Vegal Manek/Media Kupang

MEDIA KUPANG - Ratusan warga Kabupaten Malaka mengamuk di hadapan Eurico Guterres saat pembagian piagam penghargaan kepada warga eks Timor-Timur yang sempat berjuang pada tahun 1999.

Mereka mengamuk lantaran menilai Eurico Guterres dan para pengurus tidak adil dalam merekrut warga yang menerima piagam penghargaan.

Pantauan awak media, ratusan warga merontak di hadapan Eurico dan Anggelino Da Costa di Bakateu, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Senin 13 Desember 2021 siang.

Salah seorang warga, Julio Cardoso, kepada awak media mengatakan dirinya ribut dan beradu mulut di hadapan Eurico dan Anggelino karena pembagaian piagam tersebut tidak sesuai dengan kenyataan.

Menurut Julio, warga yang mendapatkan piagam itu bukan warga eks tim-tim yang sesungguhnya namun warga Indonesia yang belum pernah melihat tanah Timor-timur.

"Kami sangat merasa kecewa dengan caranya pak Eurico Guterres yang selaku sebagi ketua FKPTT dan pengurus setiap cabang. Kami yang sesungguhnya pejuang eks tim-tim pada tahun 1999 tidak direkrut sedangkan yang tidak pernah injak tanah Tim-Tim ini yang justru direkrut menjadi pejuang eks Tim-Tim bahkan mendapatkan piagam itu," katanya.

Julio menduga, perekrutan seperti itu hanyalah strategi agar bisa mempermainkan warga tersebut untuk mendapatkan keuntungan lain secara pribadi.

Julio juga menjelaskan banyak warga yang sudah menjadi korban, korban tenaga, korban waktu, korban uang. Namun hasil akhirnya tidak direalisasi menjadi veteran tahun 1999. apalagi saat ini hanya sebatas mendapatkan piagam.

Julio menegaskan agar masyarakat berhati-hati untuk tidak dimanfaatkan oleh setiap pengurus cabang untuk mendapatkan keuntungan.

Halaman:

Editor: Royan B


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x