Obat - Obat di Warung yang Dapat Digunakan Saat Isoman, Menurut Dokter Vito

- 7 Maret 2022, 09:21 WIB
Dokter Vito Damay
Dokter Vito Damay /Tangkap Layar YouTube @DRVChannel/

MEDIA KUPANG - Pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri setelah terpapar Omicron tak perlu kuatir. Selain harus rutin melaporkan keadaan kepada Puskesmas atau layanan kesehatan yang disediakan untuk para pasien isolasi mandiri, pasien juga bisa memperoleh beberapa obat di warung - warung untuk digunakan saat Isolasi Mandiri ( Isoman).

dr. Vito A.Damay mengatakan bagi pasien Isoman bisanya akan terasa menggangu dengan batuk - batuk maupun gatal yang terasa di tenggorakan. Untuk mengatasi hal itu, menurut dia, ada beberapa obat yang bisa dibeli di warung meski tanpa ada resep dokter.

"Gejala Omicron dengan keluhan batuk boleh minum obat warung," ungkap dr Vito melalui akun YouTubenya @DRVChanel seperti dikutip Media Kupang Senin 7 Maret 2022.

Baca Juga: Cegah Covid-19 Varian Omicron, Dokter Ahli Sarankan Warga Perbanyak Konsumsi Vitamin D

Namun, sebelum memutuskan membeli obat yang tersedia di warung, ia mengingatkan, gejala - gejala batuk dan tenggorakan sakit sebenarnya bisa reda dengan sendiri meski tidak mengkonsumsi obat, cukup dengan perbanyak minum air putih atau bisa juga dengan mengkonsumsi minuman jahe.

Namun apabila pasien Isoman ingin mengkonsumsi obat - obatan yang yang tersedia dan dijual bebas di warung, ia menyarankan untuk menggunakan obat sesuai dengan kondisi yang dialami.

Pertama menurut dia apabila mengalami kondisi batuk berdahak maka pasien bisa menggunakan Expectorant.

Expectorant dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak.

Kedua, apabila pasien hanya mengalami batuk saja tanpa dahak maka ia menyarankan agar menggunakan Antitussive.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah