Cegah Kanker Serviks Sejak Dini, Berikut Makanan Mengandung Nutrisi untuk Melawan Zat Kanker

- 15 Maret 2022, 12:37 WIB
Ilustrasi Wortel
Ilustrasi Wortel /Pixabay/

 


MEDIA KUPANG - Kanker serviks dapat dibantu untuk dicegah dengan makanan tertentu yang mengandung antioksidan dan melawan zat kanker.

Dikutip Media Kupang dari Kemkes.go.id, Selasa 15 Maret 2022, vitamin A, C, dan E, mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, dan secara tidak langsung juga mencegah kanker serviks.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynaecologic Cancer menemukan, pasien yang mengonsumsi multivitamin memiliki risiko kanker serviks yang lebih rendah.

Baca Juga: Kenali 5 Gejala Kanker Serviks Sejak Dini, dan Hindari Lakukan Hal - hal Ini

Selain vitamin tersebut, kalsium dan asam folat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

Makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral tersebut, misalnya jeruk, wortel, telur, hati, tuna, dan produk susu lainnya.

• Vitamin B dan folat. Makanan kaya vitamin B dan asam folat juga harus sering dikonsumsi untuk mencegah kanker serviks. Folat dapat menurunkan kadar homosistein, zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim. Makanan kaya vitamin V dan folat termasuk di antaranya brokoli, kembang kol, kubis, dll.

• Avokad. Avokad dikenal sebagai antioksidan dan karena kemampuannya untuk mencegah radikal bebas. Makan avokad dapat mencegah pertumbuhan kanker serviks.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: Kemkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x