Ini 6 Langkah Strategis Pemerintah Mengakselerasi Reformasi Birokrasi di Tahun 2022, PNS Wajib Tahu

- 7 April 2022, 22:07 WIB
Ini 6 Langkah Strategis Pemerintah Mengakselerasi Reformasi Birokrasi di Tahun 2022
Ini 6 Langkah Strategis Pemerintah Mengakselerasi Reformasi Birokrasi di Tahun 2022 /Menpan.go.id/

MEDIA KUPANG - Pemerintah melalui
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan percepatan reformasi birokrasi terus berlanjut di tahun 2022.

Langkah - langkah strategis akan diambil pemerintah dalam mengakselerasi reformasi birokrasi untuk  segala lini dan aspek.

"Anggaran Kementerian PANRB di tahun 2022 kami optimalisasikan untuk memperbaiki kualitas birokrasi melalui pencapaian kegiatan-kegiatan prioritas guna mendukung visi-misi Presiden Jokowi Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin," ujar Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR RI, di Jakarta, Kamis 7 April 2022 sebagaimana dikutip Media Kupang.

Menteri Tjahjo menyampaikan, setidaknya ada enam hal yang menjadi langkah strategis Kementerian PANRB agar reformasi bisa sampai ke jantung birokrasi, sehingga dapat cepat melayani masyarakat.

Adapun langkah- langkah itu disebutkan Tjahjo :

Pertama, arah pelaksanaan reformasi birokrasi akan dikembangkan ke isu tematik.

Kedua, arah pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) akan ditingkatkan dan dikembangkan dengan isu tematik.

Ketiga, penyusunan model organisasi dan sistem kerja baru yang lebih fleksibel dan berbasis fungsional pasca penyederhanaan birokrasi.

Keempat, pengembangan dan optimalisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mendukung sistem kerja berbasis digital, termasuk mengadopsi artificial intelligence (AI) dan big data dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: MenPAN-RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x