Anak Anda Susah Makan Sayuran? Cobalah Tips Berikut Ini!

- 11 Mei 2022, 21:35 WIB
ilustrasi makan sayur
ilustrasi makan sayur /miju/pexels.com

MEDIA KUPANG - Sayur merupakan bahan makanan yang dibutuhkan oleh anak dalam proses pertumbuhannya. Tetapi tidak jarang aktifitas makan sayur menjadi salah satu momok menakutkan bagi sebagian anak.

Hal ini membuat orang tua gelisah dalam menyiasati anak yang susah makan sayur sebab apabila dibiarkan terus menerus dapat berdampak pada kekurangan gizi, gangguan pencernaan, resiko penyakit kronis serta kelebihan berat badan/obesitas pada anak.

Seperti yang diketahui bahwa sayur memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan dan proses tumbuh kembang anak seperti serat yang bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan sehingga dapat mengatasi sembelit atau konstipasi yang sering terjadi pada anak. Ada pula kandungan vitamin dan mineral yang merupakan mikronutrien yang sangat penting dalam menunjang proses tumbuh kembang anak.

Alasan umum anak susah makan sayur karena sebagian sayuran yang memiliki rasa yang pahit dan tidak memiliki rasa yang enak seperti buah, daging dan sumber protein hewani lainnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus lebih kreatif dan mengeksplorasi beberapa langkah khusus agar anak mau makan sayur. Adapun beberapa tips agar anak mau makan sayur antara lain:

  1. Menjelaskan manfaat sayuran lewat cerita menarik/dongeng
  2. Membujuk anak dengan sayuran kesukaan
  3. Mencampur sayur dengan makanan kesukaan anak
  4. Mengajak anak masak bersama
  5. Membuat kreasi makanan dari sayuran
  6. Memberikan sayur kepada anak dalam porsi yang kecil
  7. Ikut makan bersama dengan anak
  8. Beri apresiasi saat anak berhasil makan sayur
  9. Hindari paksaan pada anak

Setelah mengetahui sejumlah tips ini, sekarang orang tua langsung dapat mencobanya.***(Emilia Novita/Berbagai Sumber)

Editor: Royan B


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x