Mengenal Sosok Antoninho, Putra Kelahiran Timor - Timur yang Kini Berpangkat Brigjen TNI AD

- 3 Juni 2022, 08:33 WIB
Brigjen Antininho
Brigjen Antininho /Akurat.co/

MEDIA KUPANG - Brigjen Antoninho Rangel da Silva resmi menjadi Brigadir Jenderal setelah mendapat kenaikan pangkat langsung yang diberikan oleh KSAD Jenderal Dudung Abdurachman pada Senin 30 Mei 2022 lalu. 

Putra kelahiran Timor - Timor ( sekarang Timor Leste) ini merupakan salah satu sosok TNI AD terbaik dengan segudang pengalaman mumpuni.

Melansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah fakta Brigjen Antoninho dikutip Media Kupang dari akurat.co.

1. Alumnus Akmil 1992

Antoninho adalah alumnus Akademi Militer atau Akmil Magelang angkatan 1992. Dalam studinya tersebut, ia berasal dari kecabangan infanteri. Setelah itu, ia mendapatkan sejumlah jabatan penting dalam struktur TNI AD sekaligus Mabes TNI. Bahkan ia terakhir berhasil dipercaya untuk menjabat sebagai Pamen Denma Mabesad.

2. TNI AD hingga Mabes TNI

Setelah diberi amanah menjabat Batalyon Infanteri (Yonif) 408/Subrastha dan Yonif 410/Alugoro, pria kelahiran Timor Leste ini pun sempat menjadi Perwira Pembantu Madya Pam Sinteldam VI/Mulawarman, Kasi Intel Korem 101/Antasari, hingga Asops Satintel Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI. Tak hanya itu, ia juga sempat menjadi Staf Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang Ekonomi. 

3. Desainer pasukan elite TNI

Selain sejumlah jabatan di atas, Antoninho ternyata juga sempat memiliki deretan jabatan bergengsi lainnya. Beberapa di antaranya adalah dosen sesko TNI, Log Ditum Sesko TNI, hingga Pamen Denma Mabesad. Pria kelahiran 17 Agustus 1968 ini juga menjadi salah satu orang yang terlibat dalam Pembentukan Satuan Raider. Satuan tersebut merupakan sebuah pasukan elite yang dimiliki oleh TNI.  

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: Akurat.co


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x