BMKG : Waspada Wilayah NTT Berpotensi Alami Gelombang Rossby Ekuator Seminggu ke Depan

- 28 Juni 2022, 05:50 WIB
Ilustrasi hujan petir
Ilustrasi hujan petir /Pikiran Rakyat/

MEDIA KUPANG - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya hujan sedang hingga lebat dalam sepekan ke depan di Wilayah NTT.

Adapun sejumlah daerah yang berpotensi terdampak di antaranya Kabupaten Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Ngada, Nagekeo, Ende, Flores Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, dan Malaka.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi di Kupang, Minggu, 26 Juni 2022 kemarin, mengatakan hal tersebut terjadi akibat dari dampak Gelombang Rossby Ekuator, yang masih berpeluang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: 4 Tanda Zodiak yang Menyukai Ide Pernikahan dari Cancer hingga Gemini

"Gelombang Rossby Ekuator meningkatkan pertumbuhan awan konvektif di wilayah NTT sehingga memicu terjadinya hujan sedang hingga lebat," kata Agung Sudiono dikutip Media Kupang dari antaraewas.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan prakiraan cuaca di wilayah NTT selama tiga hari (16-18 Juni) 2022 ke depan.

Ia menjelaskan Gelombang Rossby Ekuator merupakan gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat dan terletak di sepanjang ekuator yang umumnya berlangsung selama 7-10 hari.

Dampak gelombang yang sebelumnya melanda NTT pada 24-26 Juni, kata dia masih berpeluang terjadi selama tiga hari ke depan.

Sejumlah daerah yang berpotensi terdampak di antaranya Kabupaten Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Ngada, Nagekeo, Ende, Flores Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, dan Malaka.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x