Teladan Orang Tua : Nasihat dan Renungan Gereja Katolik

- 6 Agustus 2022, 17:55 WIB
/AS Rabasa /

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa hal-hal tersebut dapat menentukan gaya hidup dan kesehatan kita sendiri, bahkan sampai dewasa.

Pentingnya karakteristik orang tua bagi anak-anak dapat menjadi acuan anak, apakah akan berkembang menjadi pribadi yang baik atau sebaliknya. Kondisi kehidupan yang buruk di masa kecil dapat menyebabkan keburukan pula di masa dewasa. Sebaliknya, kondisi kehidupan yang baik, menyenangkan dan bahagia dapat menyebabkan kebaikan di masa depan.

Setiap orang tua mempunyai cara masing-masing dalam mendidik dan menjadi teladan bagi anak. 
 
Teladan lebih berharga daripada seribu kata-kata.
 
Bukan dengan banyak kata. Bukan pula dengan tekanan, ancaman, atau kekerasan fisik. Anak lebih cepat belajar dari apa yang dia lihat pada orangtuanya. Kebiasaan orangtua itulah yang membentuk kepribadian anak.
 
Ini adalah tanggung jawab iman di mana sikap orangtua merupakan teladan iman yang dipelajari anak dengan cepat.
Di mana imanmu berada, di situ sikapmu menjadi bukti nyata. Di mana sikap menjadi teladan, di situ anak belajar membangun pondasi iman yang kokoh. 
 
Sungguh besarlah peran orang tua dalam mendidik anak- anak, membentuk karakter dan membina iman mereka, serta mengarahkan mereka kepada Kerajaan Surga. Namun kita percaya bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Rahmat-Nya selalu tercurah kepada kita melalui Gereja-Nya, yang secara khusus kita terima di dalam sakramen- sakramen, dalam doa dan permenungan akan Sabda-Nya. 
 
Dengan rahmat Tuhan inilah kita dimampukan untuk membangun keluarga kita atas dasar yang kuat. Oleh kasih karunia-Nya, kita dimampukan untuk teguh di dalam iman dan melaksanakannya dengan suka cita. Pengalaman akan kasih Allah dan mengasihi Allah inilah yang menjadi tali pengikat di dalam keluarga, sehingga apapun serangan dari luar tidak akan menggoyahkannya.
 
"Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu" (Titus 2:7)
 
Efesus 6:4 Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.
 
Kolose 3:21 Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.
 
Jadi, gaya hidup yang diperoleh orang tua akan sangat berpengaruh bagi kehidupan anak mereka.***

Editor: AS Rabasa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x