Megawati Resmi Umumkan Nama Capres dari PDIP

- 21 April 2023, 14:11 WIB
Megawati Resmi Umumkan Nama Capres dari PDIP
Megawati Resmi Umumkan Nama Capres dari PDIP /Tangkap layar video daring Megawati saat membacakan nama Ganjar sebagai capres PDIP/

MEDIA KUPANG - Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan calon presiden 2024 dari partai PDIP.

Nama yang diumumkan Megawati sebagai capres PDIP 2024 adalah Ganjar Pranowo. Kader PDIP itu sendiri selama ini menjadi yang terpopuler di berbagai survei nasional. 

"Menetapkan Ganjar Granowo yang saat ini sebagai Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ujar Megawati saat mengumumkan nama tersebut secara daring Jumat 21 April 2023.

Sebelumnya Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, berulangkali mengatakan bahwa Megawati telah mengantongi nama capres. Namun Mega baru akan mengumumkan pada momen dan waktu yang tepat.

Sementara itu Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyatakan Ganjar Pranowo menjadi modal PDI Perjuangan memimpin koalisi besar jika diusung sebagai calon presiden. Ganjar diketahui merupakan kader PDIP. 

Salah satu tokoh potensial yang menjadi calon presiden yakni Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah ini merupakan kader PDIP," katanya dihubungi di Jakarta, Rabu.

Selain itu, kata dia, PDIP adalah partai pemerintah yang saat ini kader mereka juga menjadi presiden yakni Joko Widodo. "PDIP adalah partai terbesar di parlemen dan berpotensi kembali menjadi partai pemenang pemilu," ungkapnya.

PDIP amat besar peluangnya untuk menjadi magnet pembentukan koalisi. Hal itu juga dikuatkan hasil survei SMRC yang memperlihatkan elektabilitas Ganjar kembali naik setelah sebelumnya turun.***

 

Editor: Marselino Kardoso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x