Banyak PPPK Tak Lulus, Presiden Perintah MenpanRB Kaji Penentuan PPPK melalui Perangkingan

- 13 Juni 2023, 08:12 WIB
Banyak PPPK Tak Lulus, Presiden Perintah MenpanRB Kaji Penentuan PPPK melalui Perangkingan
Banyak PPPK Tak Lulus, Presiden Perintah MenpanRB Kaji Penentuan PPPK melalui Perangkingan /Antara/

 

MEDIA KUPANG - Pemerintah akan segera mencari solusi terkait dengan banyaknya PPPK yang tak Lulus tes.

Beberapa solusi yang sementara dikaji dan akan dipertimbangkan pemerintah terkait dengan banyaknya PPPK yang tidak lulus  salahsatu diantaranya dengan perangkingan.

Hal ini diungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas. keterangan pers di lingkungan Istana Negara, Jakarta, Senin Juni 2023.

Dikatakan Anas, dirinya telah mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) untuk mengkaji kemungkinan - kemungkinan tersebut.

“Kami buat skenario yang dilaporkan ke Presiden. Bapak Presiden perintahkan kepada kami, kaji terkait beberapa kemungkinan apakah itu perankingan atau seperti yang lain,” kata Azwar di lingkungan Istana Negara, Jakarta, Senin.

Berdasarkan hasil seleksi PPPK, Maret 2023 lalu, kata Azwar, banyak sekali peserta tes yang tak lulus. Dia mencontohkan untuk tingkat kelulusan PPPK dosen saja hanya 31 persen.

Menurut Azwar, minimnya peserta yang lulus, kemungkinan karena tingginya “passing grade” atau nilai ambang batas yang diajukan instansi pembina atau karena banyaknya peserta tes yang tidak menguasai kompetensi teknis sesuai syarat.

“Banyak sekali yang tidak lulus bahkan tingkat kelulusan PPPK dosen itu total hanya 31 persen. Berarti ini soal passing grade yang diajukan isntansi pembina yang tinggi atau kompetensi teknis banyak yang tidak bisa mereka kerjakan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x