2024 BBM Jenis Pertalite Bakal Dihapus, Ada 3 Jenis BBM yang Akan Dijual Pertamina

- 1 September 2023, 10:59 WIB
Pasalnya, Pertamina berencana akan menghapus Pertalite pada 2024 mendatang dan akan menggantinya dengan 3 jenis BBM lainnya.
Pasalnya, Pertamina berencana akan menghapus Pertalite pada 2024 mendatang dan akan menggantinya dengan 3 jenis BBM lainnya. /Ilustrasi Pixabay/

MEDIA KUPANG - Tahun 2024 mendatang masyarakat kemungkinan sudah tidak lagi bisa menggunakan BBM jenis pertalite.

Pasalnya, pertamina berencana akan menghapus pertalite pada 2024 mendatang dan akan menggantinya dengan 3 jenis BBM lainnya.

Rencana penghapusan bahan bakar minyak jenis pertalite ini diungkap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Dia juga meminta masyarakat tidak perlu kuatir karena pertamina akan menggantinya dengan BBM jenis lain.

"Oleh karena itu 2024 mohon dukungannya juga kami akan mengeluarkan lagi yang kita sebut Pertamax Green 92, sebetulnya ini Pertalite kita campur dengan etanol, naik oktannya dari 90 ke 92," ungkap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati di Komisi VII Jakarta, Rabu 30 Agustus 2023, dikutip Media Kupang dari Pikiran Rakya.com

Penghapusan BBM jenis Pertalite bilang Nick sudah tepat dan mempunyai beberapa keuntungan.

"Jadi ini sudah sangat pas dari sisi, satu, aspek lingkungan bisa menurunkan karbon emisi. Kedua, mandatori bio etanol ini bisa kita penuhi, dan yang ketiga, kita menurunkan impor gasoline," ujar Nicke Widyawati.

Pertamax Green Jauh Lebih Murah atau Mahal?

Terkait hal tersebut, apakah harga Pertamax Green 92 lebih mahal atau murah dari Pertalite. Direktur Umum PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyatakan harga Pertamax Green 92 akan diatur pemerintah.

"Harganya pun regulated, tidak mungkin diserahkan ke pasar karena ada mekanisme subsidi atau kompensasi di dalamnya," tutur Nicke pada Rabu 30 Agustus 2023.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x