Anies Baswedan Dikabarkan Pilih Muhaimin Iskandar Sebagai Cawapresnya

- 1 September 2023, 11:37 WIB
Anies Baswedan Dikabarkan Pilih Muhaimin Iskandar Sebagai Cawapresnya
Anies Baswedan Dikabarkan Pilih Muhaimin Iskandar Sebagai Cawapresnya /Pikiran rakyat.com/

MEDIA KUPANG - Anies Baswedan ( Capres ) dikabarkan telah memilih ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapresnya.

Kabar ini terbilang mengejutkan mengingat Anies selama ini lebih dikaitkan dengan nama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Sementara itu, Cak Imin kerap disandingkan dengan Prabowo Subianto. hal ini memang bukan tanpa alasan PKB sendiri sebelumnya bergabung dengan koalisi pendukung Prabowo Subianto.

Terkait dengan Anies yang dikabarkan telah memilih Cak Imin membuat Demokrat meradang. Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya mengungkapkan seharusnya yang menjadi cawapres Anies adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun tiba-tiba Anies malah dipasangkan dengan Cak Imin. Hal ini diumumkan secara sepihak oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

"Namun demikian, sesuatu yang tidak terduga dan sulit dipercaya terjadi. Di tengah proses finalisasi kerja Parpol koalisi bersama Capres Anies dan persiapan deklarasi, tiba-tiba terjadi perubahan fundamental dan mengejutkan. Pada Selasa malam, 29 Agustus 2023, di Nasdem Tower, secara sepihak Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tiba-tiba menetapkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres Anies, tanpa sepengetahuan Partai Demokrat dan PKS," ungkap Riefky dalam keterangannya Kamis malam, 31 Agustus 2023.

Sebagai informasi, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebenarnya telah menunjukan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menurutnya, Pilpres 2024 sebagai tantangan bagi dirinya untuk maju sebagai capres. Kendati begitu, Wakil Ketua DPR RI ini mengaku tidak mau tergesa-gesa dalam mengambil langkah.

”Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” ujar pria akrab disapa Cak Imin, Senin (18/10/2021).

Wakil Ketua DPR ini menyatakan, selama ini kader PKB di seluruh daerah mengharapkan dan mendukung agar dirinya maju sebagai Capres di tahun 2024.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x