Sambut Ulang Tahun ke 23, Pemdes Raifatus Gelar Berbagai Kegiatan

- 5 September 2023, 15:52 WIB
Sambut Ulang Tahun ke 23, Pemdes Raifatus Gelar Berbagai Kegiatan
Sambut Ulang Tahun ke 23, Pemdes Raifatus Gelar Berbagai Kegiatan /Ritual adat menyambut Harla Desa Raifatus. Marselino/

MEDIA KUPANG - Pemerintah Desa Raifatus, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu menggelar rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun desa yang ke 23.

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan diantaranya cabang olahraga bola voli, dan kesenian (Tebe dan likurai).

Penjabat Desa Raifatus Vasco De Araujo
mengatakan, berbagai kegiatan yang diselenggarakan menyambut hari ulang tahun desa Raifatus diawali dengan penataan situs budaya dan ritual sau'buah (panjat pinang).

" Jadi hari ini kita mengawali dengan penataan situs budaya. Penataan dua buah sa'dan ( sa'dan sesurai dan sa'dan babulu) kemudian dilanjutkan dengan ritual sau buah." Ujar Vasco kepada Media Kupang di Raifatus, Senin 4 September 2023.

Penataan sa'dan jelas Vasco, sebagai suatu bentuk mengingat kembali situs - situs bersejarah dari para leluhur.

"Kalau untuk penataan sa'dan, ini kan kita mau mengingatkan kembali situs - situs budaya peninggalan leluhur kita untuk di tata, salah satunya ya sa'dan ini," jelas Vasco.

Pemerintahan Desa Raifatus sendiri lanjut Vasco menganggarkan sebanyak Rp10 juta dalam pelaksanaan berbagai perlombaan antar RT di Desa Raifatus dalam menyambut hari ulang tahun yang ke 23.

" Jadi untuk penataan sadan, ritual sau buah dan kegiatan olahraga dan seni, pemerintah desa Raifatus menganggarkan sebanyak Rp10 juta. Uang dianggarkan termasuk untuk pembelian hadiah bagi para juara dalam kegiatan perlombaan." ujarnya.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x