Begini Penjelasan Kadis Kesehatan Soal Pembiayaan Kesehatan Gratis di Kabupaten

- 27 Agustus 2023, 11:21 WIB
Begini Penjelasan Kadis Kesehatan Soal Pembiayaan Kesehatan Gratis di Kabupaten
Begini Penjelasan Kadis Kesehatan Soal Pembiayaan Kesehatan Gratis di Kabupaten /Kadis Kesehatan Belu dr Ansila bersama pihak BPJS, Prokopimda Belu/

MEDIA KUPANG - Kadis Kesehatan Kabupaten Belu, drg. Ansilla F. Eka Mutty buka suara soal kesehatan gratis yang pembiayaannya ditanggulangi oleh  Pemerintah Kabupaten Belu.

Menurut Dokter Ansila, pembiayaan oleh pemerintah Kabupaten Belu ke pihak BPJS sejauh ini sudah berjalan sesuai dengan koridor hukum yang ada. Ditegaskan dia bahwa segala macam hal yang berkaitan dengan pendobelan nama yang dibayar dua kali, sudah dibuktikan bahwa tidak ada.

Penjelasan dokter Ansila ini sendiri berkaitan dengan adanya sejumlah pandangan negatif terkait dugaan pembayaran doubel terhadap peserta yang meninggal sesuai temuan BPK RI.

“Bupati Belu sudah memberikan petunjuk untuk bekerja sama dengan semua jajaran hingga pihak desa untuk bisa melaporkan dan mendapatkan data yang valid,” jelas Dokter Ansila saat kunjungan Deputi Direksi Wilayah XI Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Elfanetti di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek, SVD, pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Dijelaskan drg. Ansilla terkait hal ini pihaknya akan tetap berkoordinasi dan BPJS meminta evidance dari kita sesuai aturan, dan apabila kita bisa membuktikan maka akan dikompensasi pada pembayaran berikutnya.

“Dan, itu tetap tidak akan hilang dan tidak akan dilakukan sebagai hal yang tidak benar. Tetapi kami akan berusaha tetap berkoordinasi agar yang sudah terbayar dapat dibuktikan bahwa pembayarannya ini ternyata dia sudah meninggal. Kita juga berkoordinasi untuk dikompensasi kedepannya dan ini sudah disetujui BPJS karena sudah sesuai regulasi,” papar drg. Ansilla Mutty.

Kadis Kesehatan Kabupaten Belu juga berterima kasih atas kerjasama yang sudah dibangun selama ini, terutama dalam menjaga UHC Non Cut Of yang sudah kita gerakan sejak tahun 2021, sehingga seluruh masyarakat sudah bisa berobat hanya dengan menggunakan KTP.

“Memang masih ada kekurangan-kekurangan, tetapi kita akan perbaiki. Bupati juga berkomitmen menjamin masyarakat yang tidak bisa ditanggung oleh BPJS. Pada intinya bahwa Pemda akan tetap berusaha agar seluruh masyarakat yang ber KTP Belu bisa mendapatk pelayanan secara gratis,” ujar drg. Ansilla.

Sementara Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Atambua, dr. Sarwika Mauseke menegaskan bahwa pemerintah daerah sudah melaksanakannya sesuai ketentuan, baik difasilitas layanan Rumah Sakit maupun di layanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso

Sumber: Prokopimda Belu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah