CPNS 2021, Pemerintah Siapkan 189 Ribu Kursi untuk Pegawai Daerah Se-Indonesia

- 5 Maret 2021, 11:54 WIB
Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo beberkan formasi CPNS 2021.
Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo beberkan formasi CPNS 2021. /Humas KemenPAN-RB

MEDIA KUPANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan untuk tahun ini, pemerintah akan menerima sekitar 189 ribu pegawai pemerintah daerah se-Indonesia.

Penerimaan 189 ribu pegawan ini lanjut Tjahjo Kumolo, terdiri atas 70 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional selain guru.

Untuk jabatan teknis, pemerintah telah menyiapkan sebanyak 119 riub calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Jabatan tersebut, menurut Tjahjo termasuk tenaga kesehatan dan tenaga lapangan lainnya yang secara operasional menjalankan tugas secara spesifik guna memenuhi target pembangunan.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa secara proporsional, 70 hingga 80 persen terdiri atas tenaga-tenaga pelaksana utama di bidang pendidikan, penyuluh pertanian, penyuluh keluarga berencana (KB) atau pegawai yang langsung bertugas di lapangan.

Menurutnya jumlah tersebut merupakan kebutuhan untuk dua tahun, yaitu 2020 dan 2021 karena pada 2020 Negara tidak menyelenggarakan penerimaan ASN.

Baca Juga: Demokrat Desak Pemerintah Bubarkan KLB Ilegal di Sumatera Utara

Dikabarkan Antara, guna mengisi kebutuhan di instansi pemerintah pusat, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) telah menentukan jumlahnya, yaitu sekira 83 ribu.

 

Halaman:

Editor: Royan B

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x