Jokowi Tawarkan Pulau Biak ke Elon Musk untuk Landasan SpaceX, Warga Papua Murka

- 11 Maret 2021, 07:34 WIB
Roket Falcon SpaceX saat meluncur dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, beberapa waktu lalu. Elon Musk pemilik SpaceX berminat membangun landasan roket di Pulau Biak, Papua. *
Roket Falcon SpaceX saat meluncur dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, beberapa waktu lalu. Elon Musk pemilik SpaceX berminat membangun landasan roket di Pulau Biak, Papua. * /positivelyosceola.com/

 

MEDIA KUPANG - Tawaran Presiden Jokowi kepada Elon Musk untuk menjadikan Pulau Biak sebagai tempat landasan peluncuran proyek SpaceX mendapat kecaman dari warga Papua. 

Menurut warga Papua, kehadiran landasan peluncuran SpaceX di Pulau Biak akan menghancurkan ekosistem dan membuat warga bisa meninggallkan rumah mereka.

Seperti diketahui, pada Desember 2020 lalu, Presiden Jokowi memberikan tawaran kepada Elon Musk untuk membuat peluncuran proyek SpaceX di Pulau Biak, Papua.

The Guardina menyebut, perwakilan pemerintah Indonesia mengatakan pelabuhan antariksa yang direncanakan sedang dikembangkan dengan berkonsultasi dengan pemerintah Papua dan masyarakat lokal.

Perwakilan RI itu menyebutkan bahwa pengembangan Biak sebagai "Pulau Luar Angkasa" akan "membawa dampak ekonomi yang positif" bagi penduduk pulau.

Namun, warga Papua di Biak sangat menentang landasan peluncuran luar angkasa apalagi ditambah meningkatnya kehadiran TNI dan mengancam masa depan mereka di pulau itu.

Kepala suku di pulau Biak, Manfun Sroyer mengatakan dia khawatir orang Papua akan terusir dari rumah mereka.

Baca Juga: Anak Duduk dengan Posisi Kaki W dapat Sebabkan Ganguan Pinggul, Simak Cara Mengatasinya

Baca Juga: Nahas , Pria ini Ditembak Pelaku Gegara Temui Istrinya

Halaman:

Editor: Royan B

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah