Libatkan AS dan China, TNI Ambil Sikap Soal Polemik di Laut Natuna Utara

- 11 Maret 2021, 08:11 WIB
Ilustrasi. TNI akhirnya mengambil sikap terkait konflik yang semakin memanas antara China dan Amerika Serikat di Laut China Selatan.
Ilustrasi. TNI akhirnya mengambil sikap terkait konflik yang semakin memanas antara China dan Amerika Serikat di Laut China Selatan. /Antara Foto/M Risyal Hidayat

MEDIA KUPANG - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Achmad Riad, mengungkapkan sikap TNI dalam masalah Laut Natuna Utara yang melibatkan Amerika Serikat dan China.

Sebelumnya, anggota DPR dari fraksi PKB, Marwan Jafar, meminta pemerintah Indonesia aktif melakukan dialog menyikapi masuknya armada kapal perang China dan Amerika Serikat di Laut Natuna Utara .

Marwan Jafar khawatir persoalan akan semakin membesar karena melibatkan dua negara adidaya.

"Indonesia harus bisa melakukan diplomasi yang lunak supaya persoalan tidak berlarut-larut," ucapnya dikutip Pikiran-rakyat.com (PR) dari Antara News pada 10 Maret 2021.

Namun, Mayjen TNI Achmad Riad mengatakan, TNI tak akan terlalu banyak mencampuri urusan itu apalgi memihak salah satunya.

"Terkait dengan kebijakan posisi kita, karena kita menganut (prinsip-red) bebas aktif, maka kita tidak ikut mereka," ujarnya.

"Kalau dulu misalkan ada nonblok, kalau sekarang kita memiliki kebijakan negara kita sendiri sehingga kita tidak ikut ke mana-mana," kata Achmad Riad menambahkan.

Baca Juga: 79 Akun Media Sosial Dapat Peringatan dari Virtul Police: Diingatkan Dahulu

Baca Juga: Fakta Baru Kasus Korupsi Benih Lobster, Melalui Percakapan WhatsApp Terungkap Peran Edhy Prabowo

Halaman:

Editor: Royan B

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah