Dinilai Punya Pengaruh, Amerika Serikat Minta China Bujuk Korea Utara Serahkan Senjata Nuklir

- 19 Maret 2021, 10:41 WIB
Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara yang kuat, telah mengeluarkan ancaman baru atas latihan militer gabungan antara AS dan Korea Selatan.
Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara yang kuat, telah mengeluarkan ancaman baru atas latihan militer gabungan antara AS dan Korea Selatan. /Korea Summit Press via Reuters/Reuters

MEDIA KUPANG - China didesak Amerika Serikat untuk mempengaruhi Korea Utara agar menyerahkan senjata nuklirnya.

Hal ini diungkap Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken. Blinken berharap China bisa menggunakan pengaruh besarnya untuk meyakinkan Korea Utara.

Antony Blinken menyampaikan permintaannya itu saat berbicara di pertemuan konferensi tingkat tinggi (KTT) di Seoul, Korea Selatan, Kamis 18 Maret 2021 seperti dikutip dari Pikiran-rakyat.com dari Aljazeera.

Menurut Antony Blinke, Washington sedang mempertimbangkan tekanan maupun opsi diplomatik untuk menangani Pyongyang.

 

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin serta Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Eui-yong dan Menteri Pertahanan Suh Wook juga ikut berpartisipasi dalam pembicaraan keamanan di Seoul. 

Pertemuan yang disebut 'two plus two' itu merupakan bagian dari dorongan Presiden AS Joe Biden untuk memulihkan aliansi Washington di Asia dalam menghadapi tantangan yang semakin besar dari China dan Korea Utara.

Baca Juga: KPU Belu Persiapkan Pleno Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu Terpilih

Baca Juga: Tim Bulutangkis Indonesia Dipaksa Mundur Dari All England, Begini Komentar Najwa Shihab

Halaman:

Editor: Royan B

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah