Usaha Rumah Tangga Susu Sapi Perah di Desa Mandeu Dilatih Dosen Unimor Kefamenanu

- 26 Oktober 2021, 08:52 WIB
Usaha Rumah Tangga Susu Sapi Perah di Desa Mandeu Dilatih Dosen Unimor Kefamenanu
Usaha Rumah Tangga Susu Sapi Perah di Desa Mandeu Dilatih Dosen Unimor Kefamenanu /Royan B/Media Kupang

MEDIA KUPANG – Masyarakat Desa Mandeu, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu memiliki usaha rumah tangga (URT) susu sapi perah.

Usaha ini sudah berjalan lama dan dijalankan secara konvensional tanpa pembukuan dan manajemen pemasaran yang baik. 

Kini usaha susu sapi perah tersebut mendapat perhatian serius dari sejumlah dosen dari Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Ada tiga dosen dari Unimor yang menggelar pelatihan pembukuan sederhana dan pemasaran produk bagi usaha rumah tangga susu sapi perah di Desa Mandeu ini.

Pelatihan dan pemdampingan selama kurang lebih lima bulan ini dilakukan dalam rangka program Pengabdian Kepada Masyarakat pada Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unimor Tahun Akademik 2020/2021.

Adapun tiga dosen yang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat antara lain, Natalia Lily babulu, SE, M.Si, Marce Sherly Kase, S.E.M.Si dan Desmon Redikson Manane, S.E.M.M.

“Tujuan pengabdian ini  antara lain; Memahami tata cara pembukuan yang baik bagi pelaku usaha rumahan susu sapi dan Memperluas lagi pemasaran susu sapi  di setiap daerah dan memperbaiki kemasan yang ada,” jelas Desmon Redikson Manane kepada media ini, Sabtu (23/10/2021).

Dijelaskannya, Desa Mandeu yang mempunyai usaha rumah tangga peternak sapi perah, yang beralamat  di RT 001/ RW 001. Usaha rumah tangga  ini sudah memiliki 8 ekor sapi perah yang terdiri dari 3 jantan dan 5 betina.  

Usaha Rumah Tangga Susu Sapi Perah di Desa Mandeu Dilatih Dosen Unimor Kefamenanu
Usaha Rumah Tangga Susu Sapi Perah di Desa Mandeu Dilatih Dosen Unimor Kefamenanu Media Kupang

Halaman:

Editor: Royan B


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah