Renungan Harian Katolik, Rabu 26 Januari 2022 Keberlanjutan Pelayanan dan Rekan Seperjalanan

- 26 Januari 2022, 02:20 WIB
RD. Maxi Un Bria
RD. Maxi Un Bria /Royan B/Media Kupang

Oleh : RD Maxi Un Bria
Lukas 10 :1-9

Pesta Santo Timotius dan Titus, Uskup

Santo Paulus Rasul, tidak melayani sendirian. Ia sudah berpikir tentang keberlanjutan pelayanan Injil dan agen-agen terbaik yang siap sedia mengabdikan diri bagi Tuhan dan sesama.

Timotius dan Titus menjadi teman seperjalanan Paulus dalam misi perjalanan ke Asia kecil dan Perjalanan ke Yerusalem untuk menghadiri konsili yang pertama (48-50 Masehi).


Timotius yang cerdas, berbakat dan rendah hati selalu belajar dari Paulus. Dikatakan bahwa Timotius semenjak masa mudanya sudah mengenal Kitab Suci agama Yahudi dari Ibunya Eunike.

Bahkan Kitab Suci menjadi bacaan utamanya ( Schneiders,2011: 46) . Talenta dan semangat kerasulan sudah dimiliki Timotius sehingga mudah ditempa menjadi saksi Kritus dan pelayan Injil.

Tentang Timotius, Rasul Paulus menulis “Karena tidak ada seorang padaku yang sehati dan sepikir dengan dia dan yang bersungguh-sungguh memperhatikan kepentingan Kristus Yesus. Kamu tahu bahwa kesetiaannya telah teruji, dan bahwa ia telah menolong aku dalam pelayanan Injil, sama seperti seorang anak menolong bapaknya. Dialah yang kuharap untuk kukirimkan dengan segera, sesudah jelas bagaimana perkaraku…” (Fil 2 : 20-23).

Timotius dipersiapkan Rasul Paulus untuk melanjutkan pelayanan Injil kepada bangsa-bangsa lain. Selain Timotius, Paulus juga memilih Titus yang berasal dari Antiokia di Asia kecil untuk menjadi teman seperjalanannya.


Rasul Paulus, belajar dari Yesus Kristus Guru Agung yang memilih beberapa orang menjadi murid dan teman seperjalanan.

Halaman:

Editor: Royan B


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x