Anggota DPRD Belu Minta Pemerintah Relokasi Warga Terdampak Banjir ke Lahan Baru

- 12 Februari 2022, 12:51 WIB
Januari Awalde Berek
Januari Awalde Berek /Media Kupang/

MEDIA KUPANG - Anggota DPRD Kabupaten Belu, Januari Awalde Berek meminta agar pemerintah segera merelokasi warga Belu yang sering kebanjiran pada musim hujan ke lahan baru.

Hal tersebut menurut dia sebagai jalan keluar terbaik untuk bisa meminimalisir keluhan warga soal banjir yang datang di kala musim hujan tiba.

Kepada wartawan, Jumat 11 Februari 2022, Walde Berek panggilan akrab DPRD Belu itu mengatakan, pemerintah tidak bisa hanya memberikan bantuan terus menerus terhadap warga yang terdampak banjir di kala musim hujan. Sebab menurut dia hal tersebut percuma karena tidak dapat menuntaskan persoalan banjir yang dihadapi warga.

Baca Juga: Kejari Alor Beberkan Fakta Dalam Penyidikan Kasus Pengadaan DAK Pendidikan Tahun 2019

Pemerintah sebut Walde, seharusnya menanggapi keluhan warga itu dengan menyiapkan lahan baru bagi mereka yang sering terdampak musibah banjir.

"Ini bukan soal saling membatasi pemerintah, baik tingkat bawa maupun tingkat atas untuk memberikan bantuan, tetapi percuma kalau bantuan itu tidak tepat pada sasaran," tandas Walde.

Ia mengatakan apa yang disampaikan tersebut merupakan solusi yang harus dipertimbangkan oleh pemerintah untuk mengatasi keluhan yang kerab datang dari masyarakat di kala musim hujan tiba.

Selain menyiapkan lahan baru, kata Walde,
Pemerintah dalam hal ini harus melibatkan dinas PUPR untuk menyiapkan alat berat seperti Eksavator, sehingga bisa menggusur saluran kali yang tertimbun yang menjadi penyebab banjir.

Semua itu tambah dia, bisa dilakukan jika ada kerjasama yang baik antara unsur Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Desa juga DPRD Belu dalam mencari solusi terkait dengan masyarakat yang tinggal di pemukiman DAS, dan memberikan pemahaman dan relokasi ke pemukiman yang aman agar tahun berikut mendatang tidak lagi mengalami musibah yang sama.

Halaman:

Editor: Marselino Kardoso


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x