Siapa Jenderal Hoegeng yang Hari Wafatnya Diperingati Tanggal 14 Juli oleh Polisi?

- 14 Juli 2022, 12:09 WIB
Jenderal Hoegeng
Jenderal Hoegeng /Miju/Instagram @jenderalhoegeng

MEDIA KUPANG - Tanggal 14 Juli 2022 jatuh di hari Kamis dalam kalender jawa masuk dalam hari pasaran weton Kamis Legi, dan rupanya memperingati sejumlah peristiwa sejarah.

Melansir utaratimes.pikiran-rakyat.com, Tanggal 14 Juli 2022  juga rupanya ada setidaknya 3 peristiwa sejarah yang pernah terjadi pada 14 Juli.

1. Revolusi Prancis

Tanggal 14 Juli 1789 dimulainya Revolusi Prancis. Dalam peristiwa ini merupakan periode sosial radikal dan pergolakan politik di Prancis yang memiliki dampak abadi terhadap sejarah Prancis, dan lebih luas lagi, terhadap Eropa secara keseluruhan.

Monarki absolut yang telah memerintah Prancis selama berabad-abad runtuh dalam waktu tiga tahun.

Baca Juga: Antisipasi Trauma Pasca Baku Tembak Anggota Polri, Komnas Perempuan Datangi Unit PPA Polda Metro Jaya

Rakyat Prancis saat itu mengalami transformasi sosial politik yang epik, feodalisme, aristokrasi, dan monarki mutlak diruntuhkan oleh kelompok politik radikal sayap kiri, oleh massa di jalan-jalan, dan oleh masyarakat petani di pedesaan.

Ide-ide lama yang berhubungan dengan tradisi dan hierarki monarki, aristokrat, dan Gereja Katolik digulingkan secara tiba-tiba dan digantikan oleh prinsip-prinsip baru. Liberté, égalité, fraternité atau kebebasan, persamaan, dan persaudaraan.

2. Rancangan UUD 1945 Pertama Kali di Gagas

Halaman:

Editor: Primus Nahak


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x