Peduli Literasi, Pastor Yudel Neno Hasilkan Beberapa Buku. Salah Satunya Tentang Politik

- 28 Juli 2022, 15:53 WIB
Romo Yudel Neno, Pr
Romo Yudel Neno, Pr /Miju/WhatsApp Romo Yudel Neno

MEDIA KUPANG - Pastor Yudel Neno seorang Imam Katolik yang sehari-hari bertugas di Paroki Sta. Maria Fatima Betun, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur begitu peduli terhadap perkembangan literasi di wilayah tersebut.

Bentuk kepedulian Pastor Yudel tersebut kemudian dituangkan menjadi buku-buku yang sebagian sudah diterbitkan dan yang lain masih dalam proses.

Pastor Yudel mengatakan bahwa literasi penting bagi kehidupan manusia. Pentingnya terletak pada aspek kognisi atau pengetahuan.

Salah satu buku Pastor Yudel Neno yang wajib dibaca adalah buku berjudul Imam Berpolitik, Bolehkah?

Menurut Pastor Yudel buku ini sedianya merupakan penyempurnaan dari thesis semasa menyelesaikan studi teologi pada Seminari Tinggi Santo Mikhael Penfui Kupang tahun 2019.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru di Kapal Kemanusiaan AMCF untuk SMA, D3 dan S1. Cek Syarat dan Waktu Pendaftaran

Thesis tersebut kemudian disempurnakan jadi buku tahun 2021, kemudian dicetak dan diterbitkan tahun 2022 silam.

Secara gamblang, Pastor Yudel menyampaikan bahwa alasan penulisan buku 'Imam Berpolitik, Bolehkah' tersebut menjadi penting karena sebagai sebuah literasi katekese memecah asumsi tabu bahwa politik selalu bertentangan dengan status imam.

Bagi Pastor Yudel Neno, Politik justru merupakan media pewartaan bagi imam. Mengingat Politik sebagai ruang dan aktivitas tidak dapat dihindari oleh seorang imam, yang merupakan makhluk sosial.

Halaman:

Editor: Primus Nahak


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x