Ada yang Hartanya Sampai Triliunan Rupiah, Segini Kekayaan Para Ketua Umum Partai Politik di Indonesia

- 8 Oktober 2023, 19:28 WIB
Lambang Partai Politik Peserta Pemilu 2024
Lambang Partai Politik Peserta Pemilu 2024 /Tangkapan Layar panwascamgiri.org/

MEDIA KUPANG - Menjelang pemilihan Umum tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum telah mengumumkan 18 peserta pemilu atau partai politik nasiona dan 6 partai lokal Nangroe Aceh Darussalam.

Melansir wikipedia, Minggu 8 Oktober 2023, Partai Politik adalah organisasi yang mengoordinasikan calon untuk bersaing dalam pemilihan di negara tertentu. Anggota partai umumnya memiliki gagasan yang sama tentang politik dan partai dapat mempromosikan tujuan ideologis atau kebijakan tertentu.

Partai politik telah menjadi bagian utama dari kancah perpolitikan hampir di setiap negara karena organisasi partai modern berkembang dan menyebar ke seluruh dunia selama beberapa abad terakhir.

Sangat jarang suatu negara tidak memiliki partai politik. Beberapa negara hanya memiliki satu partai politik, sementara negara lain memiliki beberapa partai.

Baca Juga: Pejuang Hamas Merangsek Masuk Wilayah Israel dan Tembaki Warga Sipil, Warganet Sebut Presiden Soekarno

Banyak partai politik dimotivasi oleh tujuan ideologis. Pemilihan demokratis umumnya menampilkan persaingan antara partai-partai berhaluan liberal, konservatif, dan sosialis; ideologi umum lainnya dari partai politik yang sangat besar termasuk nasionalisme.

Partai politik di berbagai negara akan sering mengadopsi warna dan simbol yang sama untuk mengidentifikasi diri mereka dengan ideologi tertentu. Namun, banyak partai politik tidak memiliki afiliasi ideologis dan malah mungkin hanya terlibat dalam patronase, klientelisme, kronisme, atau kepentingan pengusaha politik tertentu.

Di Indonesia, menjadi ketua umum partai politik di Indonesia tentu saja dituntut untuk membiayai segala aktivitas partai sehingga bisa menang dalam Pemilihan Umum.

Baca Juga: Pakar Psikologi Forensik : Ronald Tannur Patut Dijerat Pasal 338 KUHP atas Kematian Dini Sera Afrianti

Halaman:

Editor: Primus Nahak


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x