Kronologi Pilot dan Penumpang Pesawat Susi Air Selamat dari Aksi Penyanderaan KKB Papua

- 14 Maret 2021, 19:59 WIB
Pesawat Susi Air bertipe Pilatus yang disandera Organisasi Papua Merdeka pada Jumat, 12 Maret 2021
Pesawat Susi Air bertipe Pilatus yang disandera Organisasi Papua Merdeka pada Jumat, 12 Maret 2021 /Instagram.com/@susiair.id

MEDIA KUPANG - Aksi teror yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi. Kali ini, pilot dan penumpang pesawat Susi Air yang menjadi korban. 

KKB diketahui menyandera pilot dan penumpang Susi Air pada Jumat 12 Maret 2021 di salah satu distrik di Papua.

Kepala Kepolisian Daerah Jayapura Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menuturkan, pilot pesawat Susi Air yang disandera KKB adalah Warga Negara Asing asal Selandia Baru.

Sementara tiga penumpang itu adalah warga Papua. Mereka pun berhasil selamat dari aksi penyanderaan KKB.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka Dibuka Juli 2021, dr Tirta Singgung Vaksin untuk Tenaga Pendidik

Baca Juga: Partai NasDem Ingatkan Ridwan Kamil: 'RK adalah Gubernurnya NasDem'

Upaya dan bantuan masyarakat berkomunikasi dengan pihak yang menahan pilot sehingga kembali dengan selamat kurang lebih setelah 2 jam setelah dihalangi.

"Saat ini kami telah meminta keterangan dari pilot dan penumpang untuk mendalami alasan KKB menahan mereka terbang. Harapannya nantinya dari keterangan dari pilot dan penumpang ini menjadi bukti untuk melakukan penindakan terhadap KKB yang melakukan penyanderaan. Kenapa dia sampai ditahan dan ada juga orang yang dikenal sehingga bisa menjadi bahan kita melakukan penindakan karena kita punya alat bukti," tambah Kapolda Papua.

"Kejadian ini dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata(KKB) dengan melakukan teror dengan menyandera pesawat PT. Asi Pudjiastuti Aviation (Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY) tepatnya di Lapangan Terbang Wangbe, Distrik Wangbe, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (12 Maret 2021),” ujarnya dilaporkan Tribrata News.

Halaman:

Editor: Royan B

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x