Hujan Meteor Akan Terjadi Akhir Juli 2022, Apakah Berbahaya Bagi Penduduk Bumi?

- 21 Juli 2022, 10:58 WIB
Ilustrasi Hujan Meteor Akan Terjadi Akhir Juli 2022
Ilustrasi Hujan Meteor Akan Terjadi Akhir Juli 2022 /Miju/Pixabay

MEDIA KUPANG - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan jika masyarakat Indonesia bisa melihat hujan meteor.

Pada akhir Juli 2022, disebutkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan terjadi hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta Aquariids di langit selatan.

Disebutkan BRIN, fenomena hujan meteor tersebut dapat diamati di wilayah Indonesia.

Dilansir Media Kupang dari Website BRIN, www.brin.go.id, Kamis 21 Juli 2022, menyebutkan bahwa hujan meteor merupakan fenomena astronomi tahunan yang terjadi ketika sejumlah meteor tampak meluncur silih berganti dari titik tertentu di langit.

Baca Juga: Polisi Temukan CCTV yang Bisa Ungkap Kasus Kematian Brigadir J

Meteor tampak seperti bintang jatuh atau bintang berpindah. Meteor sesungguhnya adalah batuan atau debu antar-planet yang memasuki atmosfer lalu terbakar karena gesekan atmosfer.

Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin menjelaskan, pada akhir Juli mendatang akan terjadi fenomena hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids.

Dua hujan meteor ini terjadi di langit selatan sehingga cocok diamati dari Indonesia.

“Hujan meteor Alpha-Capricornids ini bisa diamati pada 30 – 31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur. Namun waktu terbaik adalah setelah lewat tengah malam di arah langit selatan. Diperkirakan ada sekitar 5 meteor per jam yang tampak melintas di langit. Hujan meteor ini berasal dari gugusan debu komet 169P/NEAT yang berpapasan dengan bumi,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Primus Nahak

Sumber: brin.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah