Pertama di NTT, KFK Gelar Flobamora Film Festival yang Berskala Nasional

- 19 Agustus 2022, 13:25 WIB
Komunitas Film Kupang (KFK) menggelar Flobamora Film Festival yang menjadi festival film pertama di NTT berskala nasional.
Komunitas Film Kupang (KFK) menggelar Flobamora Film Festival yang menjadi festival film pertama di NTT berskala nasional. /KFK/Apris Remon

MEDIA KUPANG – Komunitas Film Kupang (KFK) menginisiasi dan menggelar Flobamora Film Festival. Event ini diakui sebagai festival film pertama berskala nasional di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Director Festival Flobamora Film Festival, Yedida Letedara mengatakan, event ini dijiwai dengan satu tema besar yaitu Harmoni. Tema tersebut sebagai refleksi atas perfilman di NTT.

“Harmoni, itu tema besar yang menjiwai festival film ini. Ada keserasian. Rasa, aksi, gagasan, dan minat yang berbeda dapat titik temu yaitu keselarasan,” katanya kepada MediaKupang.com pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Baca Juga: Tujuh Uang Baru 2022 Mulai Beredar, Bagaimana Nasib Uang Lama yang Ada di Dompet Anda?

Yedida menyebut, dalam Flobamora Film Festival ada program pemutaran film yang bertajuk Bioskop Pasiar. “Program itu bertujuan menghadirkan pemutaran film yang inklusif, menjangkau ruang publik seperti taman kota, pasar hingga pemukiman warga.”

Sebelumnya, pada tahun 2019 lalu KFK juga menginisiasi sebuah program pemutaran yang dinamai Layar Merdeka. Program tersebut dibuat atas dasar spirit bahwa “menonton adalah hak segala bangsa.”

KFK lalu menjadikannya sebagai program pemutaran yang bertujuan menghadirkan film di ruang-ruang pemutaran alternatif. Mengingat, di NTT akses menonton film yang sangat minim.

Yedida berharap, melalui Bioskop Pasiar yang merupakan bagian intim dari Flobamora Film Festival, “sinema bisa lebih dekat kepada masyarakat yang lebih luas dan ruang-ruang menonton semakin inklusif.”

Baca Juga: Heboh! 10 Kuntilanak Ikut Gerak Jalan Tanpa Melayang dalam Semarak HUT RI

Halaman:

Editor: Efriyanto Tanouf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x