Astaga, Ternyata Ada Calon Taruna Akpol Titipan Dari Luar NTT Mengisi Kuota Untuk NTT : Ini Kata Ansy Lema

- 29 Agustus 2022, 18:14 WIB
Anggota DPR RI Ansy Lema
Anggota DPR RI Ansy Lema /Facebook Ansy Lema /

MEDIA KUPANG - Penerimaan Calon Taruna (Catat) Akademi Kepolisian di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) saban tahun selalu tidak adil.

Setiap tahun hampir nihil Catar putra asli NTT yang lolos. Anehnya, malah yang diloloskan adalah Catar titipan dari luar NTT.

Melihat fenomena tersebut, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema  yang akrab disapa Ansy Lema mempertanyakan representasi (keterwakilan) putra-putri daerah dari Provinsi NTT dalam rekrutmen Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) 2022.

Baca Juga: Penyanyi Resky Febian Laporkan Ayah Tirinya Ke Polisi

Politisi muda asal NTT ini mengaku menerima aspirasi masyarakat tentang tidak adanya putra-putri asli daerah NTT dalam daftar enam Calon Taruna Akpol yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan tahun 2022.

“Dalam reses, kami menerima aspirasi masyarakat perihal enam Catar Akpol yang lolos seleksi dari NTT bukan putra berdarah NTT. Konon kabarnya, enam Catar Akpol tersebut titipan dari luar daerah, bukan berasal dari NTT. Lalu di mana keterwakilan putra daerah NTT dalam rekrutmen Akpol tahun 2022? Seharusnya seleksi Akpol di NTT memberikan prioritas kepada putra-putri daerah dari NTT untuk lulus,” ungkap Ansy Lema di Jakarta, belum lama ini.

Ansy Lema menyoroti Catar Akpol tahun 2022 yang dinyatakan lolos oleh tim seleksi dari Kepolisian Daerah (Polda) NTT. Keenam Catar tersebut, yakni Naufal Fathur Haryadi, Arjuna Tri Prasetyo, Muhammad Akbar, Hartoyo Muhammad Dani Febrian, Sunan Emirza Nuur Sudar Kirana dan William Farrell Manurung.

“Artinya tidak ada putra-putri daerah yang lolos dalam seleksi Akpol tahun 2022. Untuk apa diseleksi di NTT jika tidak ada keterwakilan daerah. Logikanya, karena dilakukan di NTT maka harus memberikan kesempatan dan prioritas lebih luas kepada putra putri daerah NTT. Saya yakin anak-anak NTT memiliki standar kualitas untuk bisa lulus,” tegas anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini.

Baca Juga: Akhirnya Pihak Ferdy Sambo Banding Setelah Pemecatan Tidak Dengan Hormat

Halaman:

Editor: AS Rabasa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x