Puan Maharani Soroti Penggudulan Kepala Siswi di Lamongan, Netizen : Mulai Mencari Perhatian Publik Lagi Ni

- 4 September 2023, 13:28 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani soroti kasus penggundulan kepala siswi di Lamongan
Ketua DPR RI Puan Maharani soroti kasus penggundulan kepala siswi di Lamongan /Tangkapan Layar Instagram @dpr_ri/

MEDIA KUPANG - Sejumlah siswi SMP di Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur mengalami kejadian tidak mengenakan setelah digunduli oleh gurunya. 

Kejadian tersebut berlangsung pada Rabu, 23 Agusstus 2023 di SMP Negeri 1 Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Menanggapi peristiwa penggundulan kepala para siswi tersebut, Ketua DPR RI Puan Maharani angkat bicara.

Dikutip dari Instagram @dpr_ri, Senin 4 September 2023, Puan Maharani menyoroti peristiwa seorang guru yang menggunduli belasan siswi SMP di Sukodadi, Jawa Timur, sebagai bentuk sanksi atau hukuman. Puan menekankan, setiap hukuman bagi pelajar seharusnya bersifat pembinaan yang mendidik, bukan intimidasi dari seorang guru kepada murid.

Baca Juga: Kapolri Ancam Copot Polisi Terlibat Judi, Netizen : Serius Pak Mau di Babat?

"Kejadian ini mengingatkan kita semua akan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, penuh penghargaan, dan menghormati hak-hak fundamental setiap individu" tutur Puan.

Puan menilai hukuman tersebut kurang bijaksana dan tidak mencerminkan kebajikan. Sehingga menurutnya, aturan yang jelas dan sanksi yang proporsional harus diatur dalam peraturan sekolah. Hal ini penting demi melindungi pelajar dan citra institusi pendidikan.

Puan mengatakan perlu menerapkan kebijakan sekolah yang jelas terkait dengan hak asasi siswa, termasuk hak untuk berpakaian sesuai keyakinan dan identitas pribadi. Dirinya berharap ada evaluasi berkala guna memastikan lingkungan pendidikan menjadi ruang tumbuh dan berkembang dengan penuh rasa aman, hormat, dan merdeka.

Baca Juga: Kota dengan Tarif Open BO Termahal ada di Jogja Capai Belasan Juta Rupiah, Bagaimana dengan Daerah lain?

Halaman:

Editor: Primus Nahak

Sumber: Instagram @dpr_ri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x