Google Temukan Beberapa Jenis Ponsel ini Mudah Diretas Hanya Dengan Mengetahui Nomor Telepon

- 22 Maret 2023, 21:29 WIB
Ilustrasi Ponsel diretas
Ilustrasi Ponsel diretas /Pixabay/

MEDIA KUPANG - Sejumlah merek ponsel yang banyak digunakan oleh masyarakat mudah diretas dengan hanya mengtahui nomor telepon pengguna.

Hal tersebut diungkapkan  analis keamanan siber internal Google.

Dikutip MediaKupang.com dari Instagram @antaranewscom, Rabu 22 Maret 2023, Google memperingatkan pemilik telepon seluler (ponsel) bermerek Samsung, Pixel dan Vivo bahwa seseorang mampu meretas perangkat dengan mudah, yakni hanya dengan mengetahui nomor telepon.

Project Zero, tim pakar dan analis keamanan siber internal Google menjelaskan setidaknya ada 18 potensi eksploitasi data yang dapat digunakan seseorang untuk meretas ponsel yang menggunaka modern Samsung Exynos.

Baca Juga: Tim UPT KPH Malaka Berhasil Ringkus Pelaku Pencurian Kayu Jati di We Mer

Eksploitasi ini sangat parah, sehingga harus diperlakukan sebaga kerentanan zero-day (menunjukan bahwa mereka harus segera diperbaiki)

Dalam 18 potensi eksploitasi data, ada empat potensi peretas hanya perlu memiliki nomor telepon pengguna untuk mendapatkan akses ke data yang mengalir masuk dan keluar dari modem perangkat, seperti panggilan telepon dan pesan teks.

Peretas akan memerlukan akses ke perangkat secara lokal atau ke sistem operator seluler

Samsung mengakui kerentanan tersebut dan mengatakan telah merilis pembaruan keamanan untuk perangkat yang mungkin terpengaruh, menyarankan pemilik untuk memperbarui ke sistem operasi terbaru agar tetap terlindungi.

Halaman:

Editor: Primus Nahak

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x