Anies Baswedan dan Cak Imin Deklarasi di Hotel Yamato, PKB sebut Terinspirasi Perjuangan arek Surabaya

- 3 September 2023, 09:22 WIB
Pasangan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Pasangan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar /Tangkapan Layar Instagram @official_nasdem/

MEDIA KUPANG - Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilihan Presiden tahun 2024 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendeklarasikan diri pada Sabtu, 2 September 2023.

Menariknya, proses deklarasi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 ini, dilaksanakan di Hotel Yamato Surabaya.

Dikutip dari Instagram @antaranewscom, Minggu 3 September 2023, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda mengatakan deklarasi Anies-Cak Imin diselenggarakan di Hotel Yamato pada Sabtu karena terinspirasi oleh perjuangan arek Surabaya yang merobek bendera Belanda bagian warna biru, sehingga menjadi Bendera Merah Putih, pada 19 September 1945.

Baca Juga: Tidak Memiliki Hutang, Segini Harta Kekayaan Ayodhia Kalake yang akan dilantik jadi Penjabat Gubernur NTT

Syaiful Huda menjelaskan Anies dan Cak Imin menawarkan perubahan untuk Indonesia lebih baik lewat Pilpres 2024.

Sebab, Anies maupun Cak Imin mempunyai program jelas untuk memperbaiki dan mempercepat upaya mewujudkan Indonesia lebih adil, makmur, dan sejahtera.

Tentang Insiden Hotel Yamato Surabaya 19 September 2023

Melansir wikipedia, Insiden Hotel Yamato adalah peristiwa perobekan warna biru pada bendera Belanda yang berkibar di Hotel Yamato (kini Hotel Majapahit) pada tanggal 19 September 1945 yang didahului oleh gagalnya perundingan antara Soedirman (residen Surabaya) dan Victor Willem Charles Ploegman untuk menurunkan bendera Belanda.

Peristiwa perobekan bendara Belanda tersebut sebagai tindak lanjut dari maklumat Presiden Soekarno untuk mengibarkan bendera Merah Putih secara serentak di seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Primus Nahak


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x